Akhir Juli, Lelang Venue PON 2020 Ditarget Selesai

Plt Kadisorda Papua, Daud Ngabalin.

JAYAPURA, Papuaterkini.com –Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua menargetkan lelang pekerjaan proyek pembangunan dan renovasi venue Pekan Olahraga Nasional  (PON) dapat selesai akhir Juli 2019.

Plt Kepala Disorda Provinsi Papua, Daud Ngabalin mengungkapkan jika ada sekitar 6 venue PON yang sudah masuk pelelangan, seperti renovasi GOR Cenderawasih dan peralatan Popnas.

“Ini sudah dilelang. Sudah evaluasi, tinggal penetapan pemenang. Insyaallah, akhir bulan sudah ada yang kontrak.  Kami target lelang semua venue selesai akhir Juli,” kata Daud Ngabalin usai Rapat Lintas Komisi DPR Papua dan Mitra Komisi IV DPR Papua di Hotel Horison Jayapura, Rabu, 10 Juli 2019.

Yang jelas, kata Daud Ngabalin, kini dalam proses pelelangan sejumlah venue PON dan ada progresnya cukup signifikan.

Soal hasil sidak DPR Papua ke sejumlah lokasi pembangunan venue di klaster Jayapura menemukan pembangunan dan renovasi sejumah venue belum dikerjakan, Daud Ngabalin mengatakan hal itu lumrah terjadi, lantaran ketika DPR Papua sidak, proses lelang pekerjaan venue itu masih tahapan administrasi.

“Masih masuk penyampaian dokumen karena lelang itu ada beberapa tahapan. Setelah diketahui siapa pemenangnya, kontraktror menyampaikan uang mu

ka pekerjaan, progres penyerapan sudah bisa ketahuan,” jelasnya.

Selama ini, lanjut Ngabalin, berbagai pihak menganggap semua pekerjaan pembangunan venue PON XX ditangani Disorda Papua. Padahal, beberapa pekerjaan renovasi venue merupakan kewenangan dinas lain.

Ia mencontohkan, renovasi Stadion Mandala di Kota Jayapura, renovasi Stadion Katalpal di Kabupaten Merauke, dan Stadion Pendidikan di Kabupaten Jayawijaya merupakan kewenangan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Papua.

Sementara itu, Sekretaris Komisi IV DPR Papua, Sinut Busup berharap pembangunan dan renovasi venue dapat rampung tahun ini.

“Misalnya Stadion Pendidikan di Jayawijaya, Stadion Katalpal di Merauke dan venue paralayang di Tolikara. Termasuk asrama-asrama yang akan dijadikan mes atlet,” imbuhnya. (bat)

Tinggalkan Balasan