Komisi IV DPR Papua Desak Segera Dilelang Venue PON 2020

Sekretaris Komisi IV DPR Papua, Sinut Busup.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Sekretaris Komisi IV DPR Papua, Sinut Busup mengungkapkan, jika pembangunan venue cabang olahraga untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020, terkendala proses lelang pekerjaan atau proyek itu.

Untuk itu, Komisi IV DPR Papua mendesak agar segera dilakukan lelang atau tender proyek berbagai venue PON itu, baik pembangunannya maupun renovasi atau rehap.

“Segera dilakukan lelang. Lelang ini ditunda terus, ini salahnya ada dimana?,” kata Sinut Busup usai Rapat Lintas Komisi DPR Papua bersama Mitra Komisi IV DPR Papua dalam rangka persiapan PON XX tahun 2020 di Hotel Horison Jayapura, Rabu, 10 Juli 2019.

Komisi IV DPR Papua juga meminta agar proses lelang atau tender proyek pembangunan atau renovasi venue PON XX itu, jangan sampai terhambat, sehingga dapat segera dilaksanakan.

Diakui, venue PON XX yang sudah selesai adalah Stadion Utama Papua Bangkit di Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura yang akan diserahkan Nopember 2019. Begitu Mimika Sport Center juga sudah selesai.

Untuk itu, lanjut Sinut Busup, mestinya Pemprov Papua bersama DPR Papua, PB PON Papua maupun Pusat untuk berjalan sama-sama dan melakukan sinkronisasi untuk bersama turun ke lapangan melakukan monitoring dan pengawasan.

“Jadi, saya kira segera dilelang, karena tinggal 468 hari lagi efektif waktunya,” katanya.

Komisi IV DPR Papua berharap semua asrama yang akan direnovasi untuk kepentingan PON XX, seperti Stakin, STT Walterpost, STT Fajar Timur, Asrama Uncen, Asrama Yapis dan lainnya agar dapat digunakan menampung atlet.

Sebab, Jawa Barat waktu PON XIX justru merenovasi Pondok Pesantren untuk digunakan menampung atlet dari berbagai provinsi di Indonesia.

Bahkan, pihaknya berharap agar renovasi Stadion Mandala Jayapura segera dilakukan, terutama tribun utama dan sayap kanan dan kiri.

“Sebab, jika re

novasi lapangan perlu dipikirkan agar tidak mengganggu Persipura. Sebab, jika home basenya di luar, bisa terancam degradasi. Kami harap Persipura tetap home base di Stadion Mandala,” ujarnya.

Begitu juga GOR Cenderawasih, APO Jayapura segera direnovasi karena sudah tidak layak lagi untuk atlet berlatih, sehingga atlet bisa dipindahkan latihan di Stadion Mandala agar secepatnya direnovasi.

“Jadi, kendalanya masih dilelang. Jika lelang diundur terus, kami mempertanyakan itu. APBD induk yang dianggarkan, bagaimana penggunaan dananya? Apa mau dikembalikan ke kas daerah?,” pungkasnya. (bat)

 

 

 

Tinggalkan Balasan