Fraksi Golkar DPR Papua Sebut Insiden Oksibil Murni Kriminal

Ketua Fraksi Golkar DPR Papua, Ignasius W Mimin.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Terkait kejadian yang dialami oleh masyarakat di Oksibil, Ibukota Kabupaten Pegunungan Bintang, yakni pembakaran ratusan kios, baru-baru ini, tampaknya menjadi perhatian serius Fraksi Golkar DPR Papua.

Ketua Fraksi Golkar DPR Papua, Ignasius W Mimin menilai jika kejadian itu, murni karena tindakan kriminal. “Itu murni tindakan kriminal, tanpa adanya unsur – unsur bermuatan politik di dalamnya,” tegas Ignasius Mimin, akhir pekan kemarin.

Menurutnya, kejadian itu diakibatkan oleh oknum masyarakat yang dipengaruhi minuman keras hingga membuat onar dan akhirnya melakukan pembakaran terhadap kios – kios yang ada di Oksibil.

Untuk itu, lanjut Ignasius Mimin, Fraksi Golkar DPR Papua mengimbau kepada pihak kepolisian agar memproses hukum para pelaku pembakaran dan mengusut secara tuntas penjual minuman keras di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

“Itu harus diusut tuntas penjual minuman kerasnya, sebagai tindakan preventif agar kejadian serupa tidak terulang lagi,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Kamis, 29 September 2019, sore, ratusan kios di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang dibakar sekelompok warga. Setidaknya, 200 unit kios terbakar dalam kejadian itu.

Aparat gabungan TNI dan Polri berhasil menangkap empat terduga pelaku perusakan dan pembakaran kios-kios di Jalan Balusi, Oksibil itu. (bat)

Leave a Response