banner 728x250

Natan Pahabol: Masih Ada Warga Terdampak Covid-19 Tak Tersentuh Bantuan

Anggota Komisi V DPR Papua, Natan Pahabol, SPd memberikan bama kepada warga Yali, Yahukimo di Kampung Buton, Skyland, Kota Jayapura.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Anggota Komisi V DPR Papua, Natan Pahabol, SPd mengungkapkan, jika masih ada warga terdampak virus Corona atau Covid-19 di Kota Jayapura yang belum tersentuh bantuan sosial.

banner 325x300

Salah satunya, adalah warga asal Kabupaten Yahukimo yang bermukim di sekitar Kampung Buton, Skyland, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

“Tadi, mereka sampaikan bahwa mereka menjadi warga di dalam kota ini, namun belum tersentuh bantuan dari Pemkot Jayapura maupun dari Pemkab Yahukimo. Jadi, mereka sama sekali belum tersentuh bantuan bagi warga terdampak Covid-19,” ungkap Natan Pahabol usai mengunjungi warga Yali di Kampung Buton.

Menurut Natan Pahabol, jika mereka adalah warga dan mahasiswa asal Yali, Kabupaten Yahukimo yang memilih tinggal di luar asrama mahasiswa.

“Mereka tidak tinggal di asrama, tapi mereka tinggal di luar, susah payah hidup dengan berkebun dan lainnya. Mereka tidak kontrak tapi tinggal di gubuk-gubuk. Oleh karena itu, saya tadi kunjungi mereka dengan tetap menyampaikan informasi terkait Covid-19 ini,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Natan Pahabol, keberadaan warga dari kabupaten lain yang ada di Kota Jayapura ini, jika sudah memiliki KTP Kota Jayapura itu berarti penduduk Kota Jayapura. Untuk itu, Pemkot Jayapura harus melihat mereka sebagai penduduk kota.

“Jangan bantuan sosial itu hanya melalui link RT/RW, setelah itu main keluarga atau sukuisme itu tidak boleh.  Kota ini hadir untuk semua orang. Jadi, Wali Kota harus melihat penduduk ini sebagai satu kesatuan di kota ini, terkecuali jika dia baru datang, ya perlu dipertanyakan. Tapi jika sudah lama dan ber KTP Kota Jayapura, ya wajib hukumnya Pemkot Jayapura memperhatikan mereka, bukan hanya pada saat pandemic Covid-19, tapi yang lainnya seperti beasiswa,” paparnya.

Ditambahkan, jangan sampai justru orang yang baru datang setahun di Kota Jayapura sudah mendapatkan KTP dan mendapatkan bantuan ditengah pandemic Covid-19, justru orang asli Papua dan sudah bertahun-tahun tinggal di Kota Jayapura, namun tidak mendapatkan bantuan.

Dalam kesempatan kegiatan pengawasan dan sosialisasi perdasi/perdasus pada Juni 2020 ini, Natan Pahabol memberikan bantuan bahan makanan (bama) berupa beras, mie instan, air mineral dan lainnya kepada warga Yahukimo di Kampung Buton, Skyland, Jayapura Selatan ini. (bat)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.