Demo Solidaritas Mahasiswa, Proses Belajar Mengajar Disekolah Terganggu

Para demonstran dari solidaritas mahasiswa dan rakyat Papua saat menggelar aksinya (foto: Ahmad Muhazir)
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, papuaterkini.com– Seruan aksi solidaritas mahasiswa bersama rakyat Papua berlangsung di sejumlah titik.  Aksi Demonstrasi yang dilakukan pada hari Selasa  8 Maret 2022 ini berdampak terhadap aktifitas masyarakat Kota Jayapura, terutama dari sektor pendidikan. Banyak sekolah mengambil sikap lebih memilih memulangkan siswa lebih awal atau memberitahukan melalui pesan WAG orang tua siswa untuk meliburkan dan melanjutkan belajar daring.

Massa agak memanas meskipun cuaca hujan terutama di titik kumpul massa yang ada di Ekspo Waena, Perumnas II hingga III.  Dalam aksinya mereka turun ke jalan (long march) dengan tujuan ke Kantor DPRD Provinsi Papua dan melumpuhkan Kota Jayapura. Nampak sejumlah kios dan pertokoan yang berada di sepanjang jalan tersebut memilih untuk tutup sementara.

“Kami memutuskan memulangkan siswa-siswi lebih cepat. Melihat kondisi yang ada di lapangan dan mencegah sesuatu yang tidak kita inginkan. Dan hal tersebut juga atas permintaan para orang tua siswa. Bahkan di Kota Jayapura hampir rata-rata sekolah lebih memilih memulangkan siswanya ” kata Siti Soimah Kepala Sekolah MTs DDI Entrop Jayapura.

Aparat Kepolisian saat berjaga-jaga mengantisipasi ancaman gangguan Kamtibmas dri para pendemo di Ekspo Waena (foto: Ahmad Muhazir)

Sebelumnya,  Kapolresta Jayapura Kombes Pol Gustav R Urbinas memastikan aksi demo tersebut tidak mempunyai izin, sehingga pihaknya akan menindak tegas jika aksi tetap berlangsung dan mengganggu kamtibmas.

“Kami akan lakukan tindakan tegas apabila aksi tetap dilakukan dengan cara turun jalan atau Long March. Sebab dapat mengganggu ketertiban umum dan juga saat ini masih situasi pandemi Covid-19” ujar Kapolres.

Dikatakan Kapolres selama masa pandemi aksi demo yang melibatkan banyak orang tidak diizinkan sesuai dengan Instruksi Wali Kota Jayapura Nomor 2 Tahun 2022 tentang peningkatan langkah pencegahan dan penanggulangan Corona Virus Disease (Covid-19).

Dari pantauan di lapangan aparat Kepolisian masih berjaga-jaga guna mengantisipasi kejadian gangguan kamtibmas. Meskipun cuaca kota Jayapura saat ini diguyur hujan deras, namun kondisi masih terkendali dan kondusif dengan terlihat masyarakat mulai beraktifitas seperti biasa.(Hazir)

 

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *