banner 728x250

Ribuan Warga Bone di Papua Hadiri Halal Bi Halal di Pantai Holtekamp

Nampak suasana para tamu undangan yang menghadiri Acara Halal Bi Halal yang diselenggarakan oleh KKMB-KKPB dan IWB Papua, di He'cnuk Injros Beach, Pantai Holtekamp, Distrik Muaratami, Kota Jayapura, Papua, Minggu, 5 Juni 2022.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Ribuan warga Sulawesi Selatan asal Bone menghadiri acara Halal Bi Halal 1443 Hijriah/2022 Masehi, yang digelar oleh Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone (KKMB), Kerukunan Keluarga Pemuda Bone (KKPB) dan Ikatan Wanita Bone (IWB) Papua di He’cnuk Injros Beach, Pantai Holtekamp, Muaratami, Kota Jayapura, Minggu, 5 Juni 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjalin silaturrahmi antar seluruh pengurus, anggota dan warga Bone yang ada di Provinsi Papua khususnya di Kota/Kabupaten Jayapura.

banner 325x300

Selain itu, momen yang tepat pula dilaksanakan untuk saling memaafkan usai pelaksanaan ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan 1443 H/2022 M selama 1 bulan penuh.

Turut hadir Ketua BPW KKSS Papua Dr. H. Mansur, M, SH, MM, Mantan Wakil Walikota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, MM, Ketua KKSS Kota Jayapura Ir. H. Junaedi Rahim, IAI, Ketua HKJM Papua H. Sarminanto, Ketua BPC KKSS se- Kota Jayapura, Ketua-ketua pilar yang ada di KKSS, Ketua-ketua KKMB-KKPB Kabupaten/Kota Jayapura, Ketua-ketua Paguyuban lainnya seperti KKST dan KKIG, serta tamu undangan.

Acara dengan tema “Dengan Halal Bi Halal KKMB, KKP dan IWB, Kita Wujudkan Ukhuwah Islamiyah di Papua” ini, menghadirkan penceramah Ustadz H. Sakaruddin, SPd, MM.

Ketua DPP KKMB Papua H. Muhammad Darwis Massie, SE., mengatakan kegiatan Halal Bi Halal ini yang pertama kali digelar pasca pandemi Covid-19 yang terjadi hampir 2 tahun lebih dan sengaja digelar di Pantai Holtekamp, karena ingin mencari tempat yang luas untuk bisa bersantai dengan keluarga.

“Hari ini, kami dari KKMB-KKPB melaksanakan Halal Bi Halal di Pantai Holtekamp. Kenapa kita laksanakan di pantai, karena ini yang pertama dilakukan oleh KKMB-KKPB Provinsi Papua dan Kabupaten/Kota Jayapura. Maka itu, kami cari tempat yang agak luas dan lebih kelihatan santai. Karena dihadiri kurang lebih sekitar 2.000 orang warga Bone,” kata Darwis Massie.

Dikatakan, kegiatan Halal Bi Halal ini merupakan apresiasi dan bentuk nyata dalam menjalin tali silaturrahmi dan silaturrahim sesama warga Bone, KKSS dan warga dari paguyuban lain di Papua.

“Oleh karena itu, setelah kita melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, mungkin di antara masyarakat atau keluarga tidak sempat saling mengunjungi. Maka di momen acara Halal Bi Halal ini, mereka bisa saling berkunjung, saling kenal dan juga bisa saling melihat bahwa warga Bone cukup banyak di Provinsi Papua khususnya di Jayapura,” kata Darwis Massi yang juga Anggota DPR Papua ini.

“Jadi, ini saatnya silaturrahim sesama warga Bone dan silaturrahmi antara warga Bone dengan warga dari paguyuban yang lain,” sambungnya.

Lebih lanjut, acara ini digelar bertujuan untuk meningkatkan solidaritas, soliditas dan kebersamaan keluarga Bone yang ada di Papua, sehingga diharapkan warga Bone ikut berperan aktif dalam hal membangun masyarakat dan daerah di Provinsi Papua khususnya Kota Jayapura, serta selalu berinteraksi bukan hanya dengan internal masyarakat Bone saja. Tetapi, warga Bone juga bisa menunjukkan jati dirinya untuk menjadi Rahmatan Lil Aalamiin. Artinya, warga Bone bisa memberikan kontribusi dan juga bisa berinteraksi dengan seluruh masyarakat paguyuban yang ada di tanah Papua ini.

Dawis Massi yang juga Politisi PKS ini berharap kekompakan seluruh warga Bone menjadi kekuatan untuk mendukung berbagai program pemerintah daerah, sehingga lebih mudah menggalang kebersamaan untuk pembangunan di tanah Papua, termasuk pembangunan ekonomi di Kota Jayapura.

Senada dengan hal itu, Ketua DPP KKPB Papua H. Muhammad Thamrin Ruddin, SH, menambahkan, acara ini digelar kali pertama setelah sekian lama absen, akibat pandemi Covid-19, sehingga disambut antusias dari warga Bone untuk menghadiri acara tersebut.

“Alhamdulillah, kami merasa bersyukur karena kegiatan yang baru digelar pertama kali pada hari ini dapat terlaksana. Tetapi, antusias warga Bone sangat luar biasa. Insha Allah, ke depan acara ini mungkin lebih bagus lagi. Kalaupun ada kekurangan-kekurangan, itu karena baru pertama kali kita laksanakan lagi. Namun teman-teman bisa lihat sendiri bagaimana antusiasnya warga Bone yang ada di Jayapura,” kata pria yang juga Anggota DPRD Kota Jayapura ini.

“Insha Allah, kegiatan ini akan tetap kami lakukan tiap tahun dan dijadikan sebagai program utama yang rutin dilaksanakan. Sebagai Ketua Pemuda Bone di Papua, saya akan selalu membackup masyarakat Bone untuk setiap kegiatan-kegiatan apapun itu. Kami dari Pemuda Bone selalu bersatu padu beserta dengan masyarakat Bone,” sambung Politisi PKB Kota Jayapura ini.

Sementara itu, Ketua BPW KKSS Papua, H. Mansur, M, SH, MM, mengapresiasi dan juga sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh KKPB-KKMB Papua.

“Kami dari KKSS sangat mendukung dan juga mendorong kepada kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pilar-pilar, terutama pilar Bone yang ada di provinsi dan kabupaten/kota Jayapura. Jadi, kami sangat mendukung, karena ini adalah ajang silaturrahmi untuk membangun kekuatan dan juga kebersamaan dalam lintas paguyuban, serta utamanya di internal pilar KKMB-KKPB dan IWB,” ujarnya Kepala Bappeda Kabupaten Mamberamo Raya ini. (irf)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.