banner 728x250

Jokowi Diingatkan Nasib 8.300 Karyawan Moker Freeport

Anggota Komisi I DPR Papua, Laurenzus Kadepa.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Presiden RI Ir Joko Widodo diingatkan terhadap 8.300 karyawan mogok kerja PT Freeport Indonesia yang terkatung-katung nasibnya hingga kini. Apalagi, Presiden Jokowi telah berjanji untuk membantu menyelesaikan masalah moker karyawan Freeport pada tahun 2019.

Dalam pertemuan dengan perwakilan 8.300 karyawan moker Freeport pada Februari 2019, Presiden Jokowi berjanji akan memanggil para pihak untuk menyelesaikan masalah itu.

banner 325x300

Anggota Komisi I DPR Papua, Laurenzus Kadepa meminta Presiden Jokowi untuk memperhatikan nasib 8.300 karyawan moker Freeport yang sampai saat ini belum jelas.

Baca Juga : Buruh Moker Freeport Tagih Janji DPR Papua dan Presiden Jokowi

“Kunjungan pak Presiden Jokowi ke Papua, jangan hanya seremonial saja. Pak Presiden Jokowi harus menyelesaikan 8.300 karyawan moker Freeport yang sampai saat ini nasib mereka belum jelas. Semoga janji Presiden selesaikan masalah moker Freeport terjawab,” kata Kadepa, Rabu,  31 Agustus 2022.

Apalagi, ujar Kadepa, Presiden Jokowi telah berjanji menyelesaikan masalah itu, sehingga janji itu harus ditepati dengan memanggil para pihak untuk memastikan nasib 8.300 karyawan moker Freeport itu.

Kadepa mengatakan, jika saat ini, Freeport Indonesia telah dikuasai sahamnya 51 persen oleh pemerintah, tentu akan lebih mudah menyelesaikan masalah 8.300 karyawan moker Freeport tersebut.

Selain itu, Kadepa meminta Presiden Jokowi menyelesaikan berbagai permasalahan di Tanah Papua, termasuk pelanggaran HAM dan konflik yang terjadi di sejumlah daerah seperti Nduga, Intan Jaya, Pegunungan Bintang dan Puncak. Termasuk kasus pembunuhan secara sadis dengan cara dimutilasi terhadap 4 warga sipil asal Kabupaten Nduga di Timika, Kabupaten Mimika, baru-baru ini.

Kadepa berharap Presiden Jokowi mencontoh pendekatan yang dilakukan oleh mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dalam penyelesaian masalah Papua.

Presiden Jokowi berkunjung ke Kabupaten Jayapura dalam rangka melaunching Papua Football Academy (PFA) di Stadion Utama Lukas Enembe, kemudian menyerahkan bantuan sosial di Kantor Pos Jayapura dan Pasar Kampung Doyo Baru serta meninjau Rumah Sehat Kampung Doyo Baru, bantuan kepada korban banjir bandang Sentani, beberapa waktu lalu.

Kamis, 1 September 2022, Presiden Jokowi dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Timika, Kabupaten Mimika dengan agenda mengunjungi PT Freeport Indonesia di Tembagapura dan dijadwalkan bertemu dengan karyawan Freeport. (bat)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.