Rusuh di Pasar Waghete Deiyai, 50 Kios Dibakar, 11 Warga Diamankan

Situasi terbakarnya puluhan kios di Kompleks Pasar Waghete, Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua Tengah, Senin, 12 Desember 2022.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Kerusuhan terjadi di Kompleks Pasar Waghete, Distrik Tigi, Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua Tengah, Senin, 12 Desember 2022 sekitar pukul 11.00 WIT. Setidaknya, puluhan kios dibakar warga.

Polres Deiyai kini tengah mendalami aksi pambakaran Kompleks Pasar Waghete di jalan Waghete 1, Distrik Tigi, Kabupaten Deiyai yang dilakukan oleh sekelompok warga tersebut.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal saat dihubungi Senin siang membenarkan kejadian tersebut.

“Benar dari informasi tadi siang terjadi aksi pembakaran pasar di Waghete, Kabupaten Deiyai oleh sekelompok warga,” kata Kombes Kamal.

Kombes Kamal menjelaskan kejadian itu bermula ketika salah satu warga membeli pakaian dan mencobanya namun baju yang dicobanya itu terasa gatal dibadan sehingga terjadi keributan antar pembeli dan penjual.

“Dari keributan itu datang sekelompok warga dan melakukan pembakaran kios baju tersebut yang merembet ke kios-kios lainnya dimana kios tersebut terbuat dari kayu, papan yang mudah terbakar,” ujarnya.

Akibat pemabakaran itu kurang lebih sekitar 50 kios dan 9 unit motor hangus terbakar serta terdapat 4 korban luka, 1 diantaranya adalah anggota TNI.

“Untuk kerugiaan materiil pastinya masih didatakan oleh petugas di Lapangan,” ucapnya.

Kabid Humas Ahmad Kamal mengatakan, saat ini Kapolres Deiyai bersama Bupati Kabupaten, ketua DPRD dan Dandim 1703 Deiyai sudah berada di TKP untuk meredam aksi susulan.

“Satuan Reskrim Polres Deiyai masih melakukan penyelidikan terkait pelaku pembakaran kios milik warga di Pasar Waghete Kabupaten Deiyai,” tuturnya

Untuk itu, Kabid Humas mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang sengaja ingin membuat situasi kamtibmas di Kabupaten Deiyai jadi tidak kondusif.

“Kita mengimbau agar kasus ini diserahkan ke penyidik Polri dan tidak ada kekerasan lagi baik terhadap orang maupun barang, karena hal ini tentu akan mengganggu pembangunan di Deiyai dari segala aspek,” imbaunya.

Ditambahkan, pasca kejadian situasi Kamtibmas di Kabupaten Deiyai relatif aman kondusif, aparat keamanan masih berjaga di lokasi kejadian dan patroli di seputaran kota untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan.

Direskrimum Polda Papua Kombes Pol Faizal Ramadhani menambahkan bahwa dari kejadian itu, setidaknya 11 orang diamankan di Polres Deiyai untuk dimintai keterangan.

“Ya, benar ada 11 orang yang diamankan,” imbuhnya. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *