Hari Pertama, Tiga Kandidat Daftar Calon Gubernur di Partai Demokrat Papua

Tim dari Plt Ketua DPD Partai Demokrat Papua Dr Yunus Wonda, SH, MH mengambil formulir pendaftaran calon Gubernur Papua di DPD Partai Demokrat Papua, Sabtu, 27 April 2024.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Tiga orang kandidat masing masing Dr Yunus Wonda, SH, MH, Boy Markus Dawir, SP dan Toenjes Maniagasi, SH mengambil formulir pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua di Sekretariat DPD Partai Demokrat Provinsi Papua, Sabtu, 27 April 2024.

Diketahui, dua kandidat merupakan kader Partai Demokrat Papua yakni Yunus Wonda yang juga Plt Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua ini, datang diwakili oleh timnya mengambil formulir pendaftaran calon Gubernur Papua. Begitu juga Boy Markus Dawir, Anggota DPR Papua dari Fraksi Demokrat yang akrab disapa BMD ini, juga diwakili timnya untuk mengambil formulir pendaftaran calon Gubernur Papua.

Sementara itu, Toenjes Swansen Maniagasi, SH merupakan aktivis LSM LIRA dan advokat ini, juga mengambil formulir pendaftaran calon Gubernur Papua diwakili oleh timnnya.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Papua, Apedius I Mote mengakui jika kedua kader terbaik Partai Demokrat itu telah mengambil formulir pendaftaran sebagai calon Gubernur Papua pada Pilkada Serentak tahun 2024.

Boy Markus Dawir diwakili Timnya mengambil formulir pendaftaran calon Gubernur Papua di DPD Partai Demokrat Papua, Sabtu, 27 April 2024.

“Ya, hari ini ada dua kader Partai Demokrat yang mengambil formulir pendaftaran bakal calon Gubernur Papua dan salah satu tokoh muda Papua Toenjes Maniagasi. Jadi, hari pertama yang mengambil formulir pendaftaran calon Gubernur Papua ada tiga kandidat,” kata Apedius Mote kepada Papuaterkini.com.

Apedius mengatakan jika Partai Demokrat Papua memiliki kader kader terbaik yakni Yunus Wonda dan Boy Markus Dawir sudah mendaftar pada kesempatan pertama pada pembukaan penjaringan calon Gubernur dan Wakil Guberur Papua pada Pilkada Serentak tahun 2024.

Meski demikian, Apedius Mote menegaskan bahwa Partai Demokrat terbuka untuk umum. Jadi, siapa saja dan dari partai mana saja boleh mendaftar baik sebagai calon Gubernur Papua maupun calon Wakil Gubernur Papua.

“Jadi, Partai Demokrat terbuka untuk umum. Boleh mendaftar berpasangan, boleh mendaftar calon Gubernur sendiri atau calon Wakil Gubernur,” jelasnya.

Toenjes Swansen Maniagasi, SH diwakili tim mengambil formulir pendaftaran Calon Gubernur Papua di DPD Partai Demokrat Papua, Sabtu, 27 April 2024.

Dengan perolehann 3 kursi pada Pileg 2024, Apedius menegaskan bahwa Partai Demokrat Papua siap berkoalisi dengan partai lain dalam mengusung calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dalam Pilkada Gubernur Papua tahun 2024.

“Jadi, Demokrat sangat terbuka dan siap berkoalisi. Sebab, butuh 9 kursi sebagai syarat untuk mengusung calon Gubernur dan Wakil Gubernur,” ujarnya.

Apedius menambahkan, jika pembukaan pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua ini, Partai Demokrat Papua membuka pendaftaran dalam dua tahap yakni tahap pertama pengambilan formulir pendaftaran mulai 27 April sampai 3 Mei 2024 dan tahap kedua pengembalian berkas mulai tanggal 3 sampai 9 Mei 2024. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *