Fit and Propertest di Gerindra, Aloysius Giyai Bebaskan Pendidikan dan Kesehatan di Kota Jayapura

Bakal calon Wali Kota Jayapura Dr drg Aloysius Giyai, MKes.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Bakal calon Wali Kota Jayapura, Dr drg Aloysius Giyai, MKes bakal memberikan penjaminan dan pembebasan pelayanan kesehatan seluruh masyarakat Kota Jayapura.

“Program utama saya jika partai atau rakyat beri kepercayaan, pertama penjaminan dan pembebasan pelayanan kesehatan seluruh masyarakat Kota Jayapura rasa-rasanya itu tidak kesulitan,  karena roh Otsus  ini ada di pelayanan kesehatan,” kata Aloysius Giyai usai fit and propertest bakal calon Wali Kota Jayapura yang digelar Partai Gerindra, Jumat, 31 Mei 2024.

Kedua, lanjut Aloysius Giyai, penjaminan  pembiayaan pendidikan secara proporsional. “Maskdunya, proporsional itu kategori pertama itu annak asli Port Numbay, OAP dan masyarakat Nusantara yang hidup berkarya dan hidup mereka memberikan dampak positif di Kota Jayapura. Itu yang kita perhitungkan,” jelasnya.

Ketiga, ujar Aloysius Giyai yang masih menjabat Direktur RSUD Jayapura ini, menciptakan inovasi ekonomi kreatif dan roda perputaran ekonomi, menjaga inflasi di Kota Jayapura untuk menghidupkan roda perputaran ekonomi.

Selain itu, Aloysius Giyai mengatakan untuk memprioritaskan upaya menciptakan stabilitas keamanan dan kenyamanan di Kota Jayapura.

Tidak hanya itu, keberpihakan dan perlindungan terhadap masyarakat asli Port Numbay, terutama menyelamatkan tanah yang tersisa agar budaya leluhur yang mau habis ini diangkat.

“Pemimpin itu tidak boleh diam dan saya akan menjadikan Kota Jayapura sebagai kota barometer di Tanah Papua,” tandasnya.

Aloysius Giyai akan mendesain rencana aksi eksekusi dengan program  quick win, program yang dapat terukur tapi bisa terlaksana dan dapat diukur secara periodik untuk menjadikan Kota Jayapura sebagai Icon, kota Agrowisata, Agrobisnis dan Kota Metropolitan di kawasan Pasifik Selatan.

“Potensi itu tinggi sekali, contohnya Muara Tami itu daerah perkebunan dan pertanian, agrobisnis dan agro pertanian, tidak boleh dicampur sehingga tata ruang harus diatur bagaimana penataan kota ini benar-benar ada ikon sehingga setiap orang yang datang di sini ada kebanggaan bahwa Kota Jayapura kita akan kunjungi ini, kan belum ada,” ujarnya.

Soal isu yang akan dilakukan di Kota Jayapura, Aloysius Giyai menegaskan jika dipercaya sebagai Wali Kota Jayapura, akan langsung action.

“Saya bilang pagi dilantik, langsung siangnya saya tata Pasar Youtefa, pagi dilantik Gunung Abepura saya bongkar untuk solusi banjir di warga Organda, nggak usah tunggu sumber dana dari mana? nggak usah kita pusing dengan dana APBD yang kecil, karena sebenarnya dana silpa negara untuk mengatasi pelayanan publik itu ada, baik untuk penataan pasar ekonomi masyarakat itu ada tinggal bagaimana cara kita presentase, meredesaian, kita mampu menyakinkan sehingga betul Papua itu diangkat kesejahteraannya secara sungguh-sungguh,” paparnya. 

“Saya harus profesional kapasitasnya ada kapabilitasnya konsepnya ada, tapi actionnya juga bisa kita betul-betul wujudkan di atas Kota Jayapura,” sambungnya.

Terkait dengan fit and propertest di Partai Gerindra, Aloysius Giyai mengaku jika ini pelajaran baginya, termasuk belajar politik dan konsep mengangkat masyarakat.

Soal bakal calon Wakil Wali Kota Jayapura yang akan mendampinginya, Aloysius Giyai mengaku tidak tergesa-gesar dalam menentukannya. Namun, yang pasti, ia mempunyai hati yang sama dengannya dalam membangun dan merubah Kota Jayapura secara dahsyat, bukan perubahan biasa-biasa saja.

Aloy menambahkan, jika timnya telah mendaftar di 6 partai politik, yang diperkirakan 15 kursi untuk dapat mengusungnya pada Pilkada Kota Jayapura 2024.

“Terimakasih kepada tim penjaringan dari Partai Gerindra yang saya kira pertanyaan-pertanyaan itu sangat berbobot dan ini juga pelajaran bagi saya kalau Tuhan rancang Wali Kota Jayapura pasti, tapi kalau belum waktunya ini kan juga pelajaran berharga untuk kita dalam perjalanan hidup ini,”  pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Papua, Natan Pahabol mengatakan jika pemaparan visi misi ini. panelis melihat bahwa Dr Alosius Giyai mempunyai konsep gagasan dan visi misi yang luar biasa. Apalagi, Aloysius tercatat sebagai birokrat di pemerintahan yang cukup lama.

“Visi misi yang disampaikan beliau dengan konsep gagasan yang luar biasa dalam membangun dan merubah Kota Jayapura, itu tidak diragukan lagi dan ini kami beri apresiasi,” kata Natan.

Dalam fit and propertest ini, lanjut Natan, pihaknya juga menanyakan kepada Dr Aloysius Giyai terkait dukungan partai politik dan ternyata ada beberapa partai politik yang akan mendukungnya untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Jayapura.

“Khusus di Gerindra, DPD Partai Gerindra hanya menerima saja pendaftaran ini. Selanjutnya kami DPD punya tugas di awal Juni 2024 akan meneruskan ke DPP Partai Gerindra dan akan ditindaklanjuti untuk menentukan rekomendasi,” imbuhnya. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *