Ribuan Warga Maluku di Papua Rayakan Hari Pahlawan Kapitan Pattimura ke 207

Penyerahan Obor Pattimura pada malam baku dapat sekaligus peringatan Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura ke 207 di Auditorium Uncen Jayapura, Rabu, 15 Mei 2024, malam.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) di Tanah Papua menggelar perayaan Hari Pahlawan Nasional (HPN) Kapitan Pattimura ke 207 tahun dan Halal bi Halal yang dikemas dalam Malam Baku Dapa.

Kegiatan yang dihadiri ribuan warga Maluku, berlangsung di Auditorium Universitas Cenderawasih, Abepura, Kota Jayapura, Papua, Rabu, 15 Mei 2024, malam.

“Kapitan Pattimura adalah seorang pahlawan yang berjuang dengan semangat yang membara, demi kemerdekaan tanah air,” ujar Pj Gubernur Papua, Dr M Ridwan Rumasukun, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten II, Sekda Papua, Suzana Wanggai.

Sebagai warga Maluku, kata Suzana Wanggai, tidak hanya mengenang sejarah, tetapi juga menatap masa depan dengan harapan dan tekad yang sama kuatnya.

“Melalui semangat persatuan dan gotong royong, kita dapat mengatasi segala tantangan yang menghadang, dan membangun Maluku yang lebih baik bagi generasi mendatang,” ujarnya.

Peringatan Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura ini, yang dirangkai dengan momen Halal Bi Halal ini, ia mengajak saling memaafkan dan mempererat tali persaudaraan, sehingga semangat kebersamaan menjadi landasan kuat dalam menjalani perjalanan ke depan.

“Dan juga kita maknai Halal Bi Halal ini bukan hanya sebagai acara seremonial biasa, namun ada hakikat penting yang terkandung dalam Halal Bi Halal, yakni untuk saling memaafkan setulus hati dan berlapang dada menerima semua keberagaman dan perbedaan, membangun kebersamaan dalam keberagaman, sebagai wujud syukur atas rahmat perbedaan dan keberagaman yang Allah karuniakan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua IKEMAL di Tanah Papua, Christian Sohilait mengatakan momen Pileg dan Pilpres telah dilalui bersama. Tentu banyak hal terjdi yang membuat saling tidak senang dengan yang lain, sehingga momentum Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura yang ke 20 dan Halal bi halal pada malam ini, dengan mengangkat tema “Merajut Hubungan Pela Gandong,” .

“Dengan tema ini, mari kita terus membangun persaudaraan antar orang Maluku di Tanah Papua,” katanya.

Ditambahkan Sohilait, pada bulan November 2024 nanti, dihadapkan dengan momen Pilkada, sehingga ia  mengimbau kepada anak Maluku yang ada di Tanah Papua, untuk menjaga persatuan dan kesatuan di tanah ini. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *