Tokoh OPM: Deklarasi Zona Damai di Tapal Batas RI – PNG Harus Dipercepat

Tokoh OPM Agus Kress.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Tokoh Organisasi Papua Merdeka atau OPM, Agus Kres meminta kepada semua pihak untuk mendukung terlaksana Deklarasi Zona Damai di wilayah tapal batas Republik Indonesia – Papua New Guinea (RI-PNG).

Agus Kress mengaku mendapat desakan dari masyarakat terkait Deklarasi Zona Damai yang harus segera dilaksanakan. Hal itu dinyatakan Kres di Kota Jayapura, Selasa, 29 Mei 2024.

Agus Kres menyatakan program Deklarasi Zona Damai wilayah tapal batas RI-PNG harus segera dipercepat dan mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Keerom, Provinsi Papua.

“Intinya kami mendukung program Deklarasi Zona Damai wilayah tapal batas RI-PNG dan Deklarasi Zona Damai ini harus segera dicepatkan dan didukung oleh Pemda Keerom karena kalau terlambat maka perang akan terjadi seperti yang telah disampaikan para tokoh,” kata Agus Kres yang juga menjabat Panglima Komando Daerah I Mamta ini.

Lebih lanjut, Deklarasi Zona Damai di wilayah perbatasan RI-PNG ini, bukan dibuat oleh negara melainkan rakyat dari tiga suku yakni Manem, Menanggi dan Hoffi yang berada di antara kedua negara RI-PNG.

“Jadi, kami ini sebagai anak negeri dan pimpinan Organisai Papua Merdeka sayang kepada masyarakat, maka deklarasi ini harus segera dibuat,” tegasnya.

Agus Kres menuturkan Zona Damai ini nanti bisa memberikan dampak sangat luar biasa di segi kamtibmas terutama di wilayah tapal batas kedua negara. Sebab, banyak persoalan dan kepentingan yang berkonflik, sehingga hanya melalui deklarasi ini lah yang akan memadamkan semua permasalahan itu.

Agus Kres mengimbau masyarakat Keerom, khususnya di wilayah tapal batas untuk menjaga kamtibmas serta mendukung Deklarasi Zona Damai tersebut. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *