FX Mote Kembali untuk Waropen Sejahtera

Bakal calon Bupati Waropen Drs FX Mote MSi diwawancarai usai fit and propertest di DPD Partai Demokrat Papua, Senin, 3 Juni 2024.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Drs Fransiskus Xaverius Mote yang akrab disapa FX Mote menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai bakal calon Bupati Waropen pada Pilkada Serentak 2024.

Bahkan, FX Mote yang pernah menjabat sebagai Pj Bupati Waropen itu, menyatakan ingin kembali untuk membangun Negeri Seribu Bakau, julukan Kabupaten Waropen ini.

Untuk itu, FX Mote telah mendaptar ke sejumlah partai politik. Bahkan, FX Mote telah mengikuti fit and propertest sebagai bakal calon Bupati Waropen di DPD Partai Demokrat Provinsi Papua, Senin, 3 Juni 2024.

Dalam fit and propertest itu, Mantan Karo Humas Setda Papua ini, mengaku jika ia ditanya soal motivasinya mencalonkan diri di Kabupaten Waropen.

“Saya sebagai warga negara Indonesia mempunyai hak memilih dan dipilih dan saya gunakan itu dengan baik. Setiap warga negara berhak untuk maju bupati dimana saja, termasuk di Waropen,” kata FX Mote.

Apalagi, kata FX Mote, Papua sebagai penyelenggara Otonomi Khusus (Otsus) yang masih diatur itu keaslian Orang Papua.

“Saya ini orang asli Papua, saya berhak dicalonkan dimanapun di Tanah Papua. Bahkan, saya bisa maju di luar Papua, sepanjang masyarakat memilih saya,” ujarnya.

Bahkan, FX Mote mengaku siap dalam kapasitas dan kapabilitasnya untuk maju sebagai bakal calon Bupati Waropen periode 2024 – 2029, baik sebagai mantan seorang birokrat dan politisi.

“Saya siap membangun Waropen menjadi contoh di Tanah Papua,” tegasnya.

Selain itu, FX Mote juga telah diangkat oleh masyarakat adat di Kabupaten Waropen sebagai anak angkat pada tahun 2023 dalam sebuah budaya adat masyarakat Waropen.

“Pertanyaan itu muncul juga di Partai Hanura, Gerindra dan PDI Perjuangan, apa motivasi anda maju di Waropen padahal saya  dari orang Meepago.  Saya katakan di dalam Pilbup ini, kita masih memakai undang-undang yang lama, tidak harus orang Papua tapi orang mana saja boleh, beda dengan Pilgub, harus diuji keaslian Orang Papua baik calon gubernur maupun wakil gubernur,” paparnya.

“Orang asli Papua ini darimana saja boleh, tidak dibatasi oleh pemerintah atau adat istiadat, kalau dia punya potensi dan didukung rakyat, itu boleh lah. Orang Jayapura boleh nyalon di Merauke, sebaliknya dan itu bebas kalau dia orang asli Papua. Jadi, kita jangan salah menafsirkan keaslian orang Papua ini,” sambungnya.

Apalagi, ketika FX Mote menjabat Pj Bupati Waropen dianggap berhasil, sehingga masyarakat memintanya untuk mencalonkan diri sebagai bakal calon Bupati Waropen periode 2024 – 2029.

FX Mote mengatakan saat menjabat Pj Bupati Waropen, ia melakukan penataan birokrasi, dimana APBD Kabupaten Waropen mengalami kenaikan signifikan hingga mencapai Rp 1,147 triliun.

“Kenaikan APBD ini membuat pegawai dan rakyat sejahtera. Hari ini saya mau itu menjadi program unggulan, karena visi saya ingin menjadikan Waropen Sejahtera. Jadi, FX Mote kembali untuk Waropen Sejahtera,” ujarnya.

Sebab, lanjut FX Mote, jika hak dan kewajiban berjalan baik, ia percaya akan sejahtera. “Waktu itu pegawai rajin lho, karena insentif naik, seperti ULP naik dari Rp 25 ribu menjadi Rp 50 ribu bagi ASN. Mereka menikmati itu,” katanya.

Saat menjadi Pj Bupati Waropen, FX Mote juga memberikan bantuan untuk semua dedominasi gereja hampir Rp 1 miliar untuk menyelesaikan pembangunan rumah ibadah itu.

“GKI dapat Rp 1 miliar, GPdI Rp 1 miliar, Advent Rp 1 miliar. Jadi, ada beberapa dedominasi gereja saya bantu, termasuk teman-teman dari muslim terutama pembangunan masjid untuk meringankan mereka,” katanya.

Tidak hanya itu, FX Mote memprogramkan 1000 unit motor untuk para pegawai agar mereka lebih aktif ke kantor. Sebab, di Waropen belum ada angkutan umum seperti di Kota Jayapura.

“Jadi, ASN ini pergi ke kantor dengan jalan kaki atau menumpang temannya. Otomatis saya programkan pengadaan 1000 motor untuk memudahkan para ASN untuk bekerja. Selain itu, juga motor laut,” paparnya.

FX Mote pun memberikan bantuan kepada sekolah-sekolah yang ada di Waropen, salah satunya SMA YPK Efata waktu itu, namun oleh Sinode GKI di Tanah Papua merubah nama itu menjadi SMA YPK Fransiscus Xaverius Mote, dimana sampai hari ini telah menamatkan 187 orang.

“Anak-anak yang lulus ini punya orang tua, keluarga pasti mendukung saya untuk menjadi Bupati di Waropen,” tandasnya.

Untuk maju sebagai bakal calon Bupati Waropen, FX Mote telah mendaftar ke sejumlah partai politik, diantaranya Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN dan Partai Demokrat.

Ia pun optimis akan didukung sejumlah partai politik untuk maju di Pilbup Waropen dengan melihat kinerjanya saat menjadi Pj Bupati Waropen.

“Saya telah diberi rekomendasi Partai Golkar 3 kursi, begitu juga Partai Hanura yang telah memberikan kepada saya dan PAN dan Partai Demokrat. Juga Partai Gelora dan lainnya,” imbuhnya. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *