Hadiri HUT Ikatan Keluarga Rumkorem, Jhony Banua Rouw Mohon Doa Restu Maju Calon Wali Kota Jayapura

Ketua DPR Papua Jhony Banua Rouw beserta ibu foto bersama Kepala Suku Biak di Tanah Tabi, Mananwir Besar Dorus Awom dan Panasehat Ikatan Keluarga Rumkorem di Tanah Tabi, Yosias Rumkorem dan Ketua Ikatan Keluarga Rumkorem di Tanah Tabi, Mervin Rumkorem dalam HUT Ikatan Keluarga Rumkorem ke 28 di Pantai Base G.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw, SE menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Keluarga Rumkorem se Tanah Tabi ke 28 di Pantai Base G, Jayapura Utara, Kota Jayapura, Sanin, 17 Juni 2024.

Dalam kesempatan ini, Jhony Banua Rouw menyampaikan permohonan doa restu kepada para orang tua dan tokoh-tokoh adat Biak Numfor untuk maju sebagai calon Wali Kota Jayapura pada Pilkada Serentak tahun 2024.

Jhony Banua Rouw yang akrab disapa JBR ini, mengungkapkan bahwa ia merupakan anak Saereri, dimana ia dilahirkan dari seorang mama yang berasal dari Yapen Barat, tepatnya di Aibondeni.

“Saya punya nenek dan mama dari sana. Kebetulan saya lahir dalam keadaan putih dan rambut lurus. Itu kehendak Tuhan. Jangan kamu tanya? Mau dibilang saya bukan Papua atau Papua, tapi saya tetap mengakui saya anak Papua, karena ada darah Papua dalam tubuh saya. Saya bersyukur bahwa saya peranakan Papua,” kata Jhony Banua Rouw.

“Dan hari ini, sebagai anak yang tahu adat, saya harus memohon ijin doa restu kepada bapak ketua dewan adat, sekretaris dewan adat, semua tua-tua bahwa akan maju di Kota Jayapura sebagai calon wali kota saya mohon dukungan doa dan restu,” sambungnya.

Soal alasannya maju dalam Pilkada di Kota Jayapura, meski dia menjadi Ketua DPR Papua  atau terpilih kembali menjadi Anggota DPR Papua pada Pemilu Legislatif 2024, Jhony menjelaskan bahwa ia memiliki sejumlah kerinduan, diantaranya ia ingin mengabdi lebih kepada rakyat.

Saat di DPR Papua, JBR melalui hak inisiatifnya maupun bersama Anggota DPR Papua sudah membuat sejumlah regulasi baik perdasi dan perdasus. Namun, banyak perdasi dan perdasus yang tidak bisa berjalan maksimal.

“Satu kerinduan saya yang paling utama adalah saya ingin setiap anak usia sekolah yang ada di Kota Jayapura mereka harus mendapatkan pendidikan yang baik, bahkan mereka dapat pendidikan gratis, tidak perlu bayar lagi. Orang tua tidak usah bayar, anak datang dan masuk sekolah, bila perlu mereka dapat seragam dan peralatan agar mereka dapat pendidikan yang baik,” jelasnya.

Pendidikan gratis itu, lanjut Jhony yang juga Ketua DPD Partai NasDem Kota Jayapura ini, tentu berlaku untuk semua suku yang ada di Port Numbay.

Kedua, ujar Jhony, ia juga rindu agar anak-anak sekolah ini dapat transportasi yang baik dan murah, dengan akses yang lebih mudah, ia yakin anak-anak akan semangat bersekolah dan pergi sekolah tepat waktu.

“Jika ada transportasi yang baik itu, tentu harga barang kebutuhan di Kota Jayapura ini, tentu akan terjangkau harganya. Ada banyak kerinduan saya ingin mengabdi lebih kepada rakyat di Kota Jayapura dan bisa membuka lapangan kerja yang banyak untuk masyarakat di Kota Jayapura,” imbuhnya.

Ketua DPR Papua Jhony Banua Rouw, SE beserta istri menghadiri HUT Ikatan Keluarga Rumkorem di Tanah Tabi ke 28 di Pantai Base G Jayapura Utara, Kota Jayapura, Senin, 17 Juni 2024.

Kepala Suku Biak di Tanah Tabi, Mananwir Besar Dorus Awom mengatakan, jika pihaknya mendukung dan merestui jika Jhony Banua Rouw untuk maju sebagai calon Wali Kota Jayapura pada Pilkada Serentak 2024.

“Kami orang Biak punya sikap begini, kalau kita bikin sesuatu misalnya pesta adat, siapa yang datang kepada kami, itu sudah yang kami dukung,” katanya.

Bahkan, Dorus Awom menilai jika Jhony Banua Rouw layak dan pantas untuk menjadi Wali Kota Jayapura dengan melihat track recordnya sebagai anggota DPR Papua maupun politisi. 

“Apa yang menjadi keinginan pak JBR, tentu sama yang menjadi kerinduan kami, misalnya pendidikan gratis, beasiswa bagi anak-anak sekolah, tentu itu yang diinginkan bagi kami orang tua, agar anak-anak Biak bisa menjadi orang yang sukses hingga SDM lebih unggul,” imbuhnya. 

Sementara itu, Penasehat Ikatan Keluarga Rumkorem di Tanah Tabi, Yosias Rumkorem menyambut baik keinginan Jhony Banua Rouw untuk mencalonkan diri sebagai Wali Kota Jayapura dalam Pilkada Serentak 2024.

“Jawaban dari kami, kami tetap memberikan dukungan doa dan restu untuk beliau maju sebagai calon wali kota. Jika Tuhan berkehendak, kami tetap mendukung,” katanya.

“Apalagi, prinsipnya bagi kami orang Biak, yakni yang pertama kali datang, itulah kami punya orang. Orang yang pertama kali datang tawarkan diri untuk menolong, untuk merencanakan sesuatu tentang kehidupan masyarakat, politik dan pemerintahan dan lainnya, dia datang dengan maksud baik, itu kami anggap orang pertama,” sambungnya.

Yang jelas, ia akan menyampaikan itu kepada keluarga besar Rumkorem di Tanah Tabi khususnya di Kota Jayapura untuk memberikan dukungan dan doa restu kepada Jhony Banua Rouw untuk maju dalam Pilkada Kota Jayapura.(bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *