Peduli Wisata di Depapre, Ketua DPR Papua Bantu Pembangunan Rumah dan Pondok Wisata

Ketua DPR Papua Jhony Banua Rouw, SE menyerahkan bantuan bahan bangunan untuk membangun rumah dan pondok wisata di Kampung Yaya Distrik Depapre, Kabupaten Jayaprua.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Guna mendorong Kampung Wiaya, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura menjadi Kampung Wisata, Ketua DPR Papua Jhony Banua Rouw, SE memberikan bantuan bahan bangunan untuk pembangunan rumah, home stay dan pondok wisata di daerah itu.

Bantuan berupa kayu, semen dan atap atau seng itu, diserahkan langsung Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw di Klofkamp, Kota Jayapura, Kamis, 6 Juni 2024.

“Saya atas nama pribadi, keluarga dan kelompok ibu-ibu di Kampung Waiya, Depapre mengucapkan terimakasih banyak kepada bapak Ketua DPR Papua yang sudah menepati janji pada hari ini memberikan bantuan berupa bahan bangunan untuk kami membangun rumah di Kampung Waiya, Depapare,” kata Heni Oktovina Tan Bonay usai menerima bantuan bahan bangunan.

Menurutnya, Kampung Waiya Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura mempunyai potensi pariwisata yang dapat dikembangkan untuk menarik wisatawan untuk datang mengunjungi tempat wisata tersebut.

“Kami akan membangun rumah tinggal disitu, dibarengi dengan homestay dan sekaligus pondok-pondok untuk menghidupkan wisata yang ada di Kampung Waiya, Depapre,” ujarnya.

Lebih lanjut, dengan adanya kampung wisata itu tentu akan menarik pengunjung untuk datang. “Masyarakat tidak hanya mencari tempat wisata di kota, tetapi mereka bisa datang ke Distrik Depapre, termasuk Kampung Waiya. Itu tujuan kami membangun rumah, homestay dan pondok-pondok wisata ini,” jelasnya.

Selain itu, ada kelompok usaha-usaha kecil, diantaranya nelayan, penjual sayur, pinang dan lainnya. Untuk itu, ia juga mengarahkan untuk menjadi industri rumah tangga yang modern.

“Mungkin tadinya mereka hanya terpaku pada 1 jualan saja, sehingga nantinya bisa banyak yang bisa dijual. Tadinya hanya mancing ikan terus dijual, mungkin ke depan bisa ada usaha lain seperti jualan kue dan lainnya,” ujarnya.

Kampung Waiya merupakan salah satu kampung yang bersebelahan dengan Depapre. Untuk ke Amay, jika menggunakan speed ditempuh selama 7 menit dari Kampung Wiaya.

“Kampung ini tempatnya terumbu karang. Sepanjang pantai itu, semua terumbu karang, tempat hidup atau habitat ikan disitu dan sudah ada larangan tidak boleh menggunakan bom ikan atau dopis, sehingga masyarakat datang bisa menikmati keindahan alam disitu, terutama sangat cocok untuk wisata bahari,” bebernya.

Dengan dibangunnya pondok-pondok wisata, termasuk homestay, ia mengharapkan dapat menghidupkan kembali wisata di daerah itu, sehingga dapat menarik wisatawan datang ke Kampung Waiya, Distrik Depapre.

“Tempatnya sejuk, airnya bersih dan kebersihan terjaga,” imbuhnya.

Heni Oktavina menyampaikan terimakasih kepada Ketua DPR Papua atas bantuan bahan bangunan tersebut.

“Beliau adalah pemimpin yang punya hati. Hari ini saya lihat kenyataan itu terjadi untuk saya, saya bisa diberikan bantuan bahan bangunan rumah,” ujarnya.

“Beliau ini pemimpin yang patut dicontoh. Karena beliau adalah pemimpin yang siap menjadi pelayan, bukan pemimpin yang menjadi raja dan hari ini saya terharu karena saya punya impian untuk membangun rumah dan mengumpulkan mereka dalam suatu usaha kerja untuk membangun masa depan anak-anak yang ada di kampung kami,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPR Papua Jhony Banua Rouw, SE memberikan apresiasi kepada Ondoafi dan kelompok mama-mama Kampung Yaya yang ingin membantu masyarakat di Depapre terutama di Pantai Yaya yang memiliki alam yang indah, namun tidak mendapatkan perhatian.

“Dengan adanya bantuan ini, kami harap tempat ini bisa semakin dikenal dan memiliki fasilitas yang cukup, sehingga banyak orang yang datang berkunjung dan menikmati wisata di daerah ini,” kata Jhony Banua Rouw.

Dengan banyaknya pengunjung atau wisatawan yang datang, Jhony berharap akan memberikan dampak positif berupa pendapatan bagi masyarakat setempat, apalagi hasil ikan yang bagus. 

“Saya punya pengalaman bahwa ini bukan yang pertama kali. Di Pantai Harlem itu dulu saya ingat persis belum ada yang mau kesana, hanya ada orang bule saja yang datang kesana.  Saya datang kesana dan bantu dengan pondok-pondok wisata dan rumah untuk mereka tinggal agar orang yang datang merasa aman, tinggal dibersihkan dan punya homestay,” paparnya.

“Hari ini, kita lihat Harlem menjadi besar dan tiap minggu orang datang. Itu saya lakukan sudah sekian tahun yang lalu. Saya bawa anak-anak pemuda, tempat mandi dibelakang itu, kami yang nyelam dan potong besi agar orang bisa mandi di tempat itu,” sambungnya.

Selain itu, JBR juga waktu itu memberikan bantuan pompa air, genset dan membuat MCK. “Saya senang membantu dan hari ini mereka mendapat manfaat. Kita berdoa semoga yang hari ini kita bantu juga, mama-mama ini punya kerinduan yang luar biasa untuk membangun daerahnya menjadi daerah wisata, sehingga saya berkomitmen membantu mereka. Saya harap ini menjadi awal yang baik,” imbuhnya. (bat) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *