Pemkab Yahukimo Raih WTP 5 Kali Berturut-turut, Bupati Didimus Sampaikan Terimakasih Kepada Staf dan OPD

Wakil Bupati Yahukimo, Esau Miram menerima opini WTP oleh BPK RI Perwakilan Papua.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Pemerintah Kabupaten Yahukimo kembali berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Laporan Pemeriksaan Keuangan Pemerintah Daerah oleh BPK RI Perwakilan Papua tahun 2023.

Dengan demikian, Pemerintah Kabupaten Yahukimo telah meraih opini WTP sebanyak 5 kali berturut-turut.

“Saya sebagai kepala daerah dan pak Esau Miram sebagai wakil kepala daerah bersama-sama dengan segenap staf dan OPD serta semua elemen yang mengabdi di Kabupaten Yahukimo, bersyukur kepada Tuhan, karena hari ini kami telah menerima WTP 5 kali berturut-turut,” kata Bupati Yahukimo Didimus Yahuli, SH, MH Rabu, 5 Juni 2024.

Diakui, opini WTP ini dari BPK RI ini, diperoleh dari pemerintahan sebelumnya dari tahun 2020 dan dilanjutkan ke 2021. “Kemudian dari tahun 2021 ke 2024 ini, kami yang kerjakan pekerjaan pemerintah dan dinilai BPK RI sebagai Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Ini merupakan sebuah kehormatan dan juga bonus untuk kerja-kerja keras selama ini,” ujarnya.

Untuk itu, Bupati Didimus Yahuli menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada BPK RI yang telah melakukan penilaian secara obyektif dan memberikan Pemkab Yahukimo opini WTP.

“Saya ucapkan terimakasih juga, karena ini kerja keras dari staff terutama Sekretariat Daerah, pak Sekda, para Asisten, Kepala Bappeda, Kepala Keuangan ini instrumen penting yang bisa mengendalikan administrasi, prosedur dan regulasi yang dibuat oleh negara untuk bisa menuju Indonesia yang lebih maju dan berkembang,” jelasnya.

Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli bersama Wakil Bupati Yahukimo, Esau Miram dalam suatu kesempatan.

Bupati Didimus pun sering kali menyampaikan kepada kepala-kepala OPD di lingkungan Pemkab Yahukimo, jika ada temuan dari BPK RI itu bukan menjadi tanggungjawab kepala daerah, tetapi tanggungjawab dinas atau bendahara yang bersangkutan.

“Beberapa kali pemeriksaan, BPK senang karena para bendahara di setiap OPD proaktif, kepala bidang dan juga PPK semua aktif sehingga proses pemeriksaan tidak mengalami kesulitan, meski daerah kami masuk kategori daerah merah. Ini semua kita syukuri, ini bukan pekerjaan satu orang tapi ini pekerjaan tim. Ini harus kita pertahankan dan dari waktu ke waktu kita memberikan kontribusi yang terbaik,” ujarnya.

“Cita-cita kami bagaimana memanusiakan manusia yang lain supaya orang Yahukimo hidup lebih maju, lebih cerdas, lebih berintegritas dan juga menjadi berkat untuk orang lain. Itu yang kami harapkan. Selamat untuk tim kerja, Tuhan memberkati,” imbuhnya.

Sekda Yahukimo, Redison Manurung, SPd, MSi.

Sementara itu, Sekda Yahukimo, Redison Manurung, SPd, MSi mengaku bersyukur dan bangga atas pencapaian yang luar biasa ini.

“Penghargaan WTP yang ke 5 kalinya ini merupakan bukti nyata dari kerja keras, dedikasi, komitmen seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Yahukimo dalam mengelola keuangan daerah dengan transparansi, akuntable dan sesuai dengan prinsip-prinsip good governance,” kata Sekda Redison Manurung.

Untuk itu, ia menyampaikan terimakasih kepada BPK RI Perwakilan Papua yang telah melakukan pemeriksaan dengan sangat profesional dan obyektif.

Menurutnya, hasil pemeriksaan ini tidak hanya memberikan gambarang tentang kondisi keuangan Pemkab Yahukimo, juga memberikan masukan berharga untuk perbaikan di masa mendatang.

Lebih lanjut, penghargaan WTP ini bukanlah akhir dari perjalanan kita. Melainkan langkah awal untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan di Kabupaten Yahukimo.

“Saya mengajak seluruh jajaran pemerintah daerah untuk terus bekerja dengan penuh integritas dan profesionalisme, menjunjung tinggi prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam setiap aspek pengelolaan keuangan,” harapnya.

Ditambahkan, pencapaian WTP ke 5 kali ini, dipersembahkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Yahukimo sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam memberikan yang terbaik untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dan pembangunan di daerah kita tercinta,” imbuhnya.

Sekda Residon Manurung, S. Pd. M. Si., CGCAE., CAPG., CIAPA, mengingatkan bahwa kerjasama dan sinergi antar semua pihak baik internal pemerintah daerah maupun dengan instansi terkait lainnya, sangat penting untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi ini.

“Mari kita jaga semangat kebersamaan dan gotong royong ini demi terwujudnya Kabupaten Yahukimo yang lebih baik dan dan sejahtera,” katanya.

Ia pun mengajak seluruh jajaran Pemkab Yahukimo untuk bersama-sama menindaklanjuti setiap rekomendasi yang diberikan oleh BPK RI.

“Mari kita jadikan hasil pemeriksaan ini sebagai momentum untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah kita di masa-masa mendatang,” imbuhnya. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *