Pj Gubernur Papua Didesak Segera Tunjuk Penjabat Bupati Mamberamo Raya

Anggota DPR Papua, Yotam Bilasi.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Pj Gubernur Papua didesak untuk segera menunjuk Penjabat Bupati Mamberamo Raya, pasalnya bupati dan wakil bupati Mamberamo Raya tengah mempersiapkan diri maju dalam Pilkada Serentak tahun 2024.

Diketahui, Bupati Mamberamo Raya Jhon Tabo mencalonkan diri sebagai calon Gubernur Papua Pegunungan, sedangkan Wakil Bupati Mamberamo Raya Evert Mudumi juga maju sebagai calon Bupati Mamberamo Raya.

Sementara itu, Sekda Mamberamo Raya telah ditunjuk menjadi Pj Bupati di Mamberamo Tengah, sedangkan Plh Sekda Mamberamo Raya dalam keadaan sakit.

Akibatnya, roda pemerintahan, pelayanan kemasyarakatan dan pembangunan di Kabupaten Mamberamo Raya tidak berjalan maksimal alias pincang.

“Pj Gubernur diminta masyarakat untuk segera menunjuk penjabat Bupati Mamberamo Raya. Alasannya, Bupati persiapan maju jadi calon Gubernur Papua Pegunungan, Wakil Bupati persiapan maju calon Bupati Mamberamo Raya. Sekda Definitif ditunjuk sebagai Pj Bupati Mamberamo Tengah, Plt Sekda sedang sakit di Jayapura, sehingga pemerintahan tidak berjalan dengan baik,” tegas Anggota DPR Papua dari Jalur Pengangkatan Wilayah Adat Saereri, Yotam Bilasi kepada Papuaterkini.com, Rabu, 19 Juni 2024.

“Selain itu, pelayanan publik tidak berjalan, pelayanan kesehatan dan pelayanan pendidikan serta lainnya juga tidak berjalan maksimal, sehingga masyarakat Mamberamo Raya dan kami sebagai utusan dari Mamberamo Raya secara tegas meminta kepada Pj Gubernur dan Mendagri untuk menunjuk Penjabat Bupati Mamberamo Raya untuk menjalankan roda pemerintahan berjalan lancar,” sambung Yotam.

Menurutnya, Bupati Mamberamo Raya sibuk mempersiapkan diri untuk maju sebagai calon Gubernur Papua Pegunungan sehingga sudah hampir 1 tahun tidak pernah ke Mamberamo Raya.

Apalagi, lanjut Anggota DPR Papua yang berasal dari Kabupaten Mamberamo Raya ini, penunjukan Penjabat Bupati Mamberamo Raya itu memang sudah sesuai aturan dan sesuai waktunya bahwa Pj Gubernur dan Mendagri segera menunjuk Penjabat Bupati.

Yotam Bilasi berharap DPRD Mamberamo Raya sudah mengajukan 3 nama calon Penjabat Bupati Mamberamo Raya kepada Pj Gubernur maupun Mendagri.

“Teman-teman di daerah tentu sudah mengusulkan nama-nama calon Pj Bupati Mamberamo Raya. Saya berharap Pj Gubernur mempertimbangkan siapa yang disiapkan dari provinsi, mungkin ada salah satu pejabat dari putra terbaik khususnya dari Dapil V,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Mamberamo Raya, John Tabo – Ever Mudumi dilantik oleh Gubernur Papua Alm Lukas Enembe di Gedung Negara, Senin, 13 September 2021. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *