Dukung Yanni Maju Pilkada Sarmi, Tokoh Lintas Agama Sodorkan Fredik Sawefkoy Calon Wakil Bupati

Ketua DPD Partai Gerindra Papua Yanni, SH, MH, MSos yang juga calon Bupati Sarmi foto bersama Fredik Sawefkoy dan tokoh lintas agama Sarmi, akhir pekan kemarin.
banner 120x600

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Dukungan untuk Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Papua Yanni, SH, MH, MSos maju sebagai calon Bupati Sarmi periode 2024 – 2029 terus mengalir.

Bahkan, sejumlah Tokoh Lintas Agama Kabupaten Sarmi menyodorkan nama Fredik Sawefkoy sebagai bakal calon Wakil Bupati Sarmi untuk mendampingi Yanni dalam Pilkada Serentak pada November 2024.

Usai pertemuan di kediaman Ketua DPD Partai Gerindra Papua, Yanni, Sabtu, 13 Juli 2024, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sarmi, H Ahmad D Mainatu mengakui jika telah bertemu langsung dengan Ketua DPD Partai Gerindra Papua yang berencana maju sebagai calon Bupati Sarmi.

“Setelah kami bertemu, ternyata banyak hal yang kita dengar bahwa sosok ibu Yanni sangat berkomitmen untuk memberikan pengalamannya untuk membangun di Kabupaten Sarmi,” katanya.

Bahkan, ujar Ahmad Mainatu, dari penjelasan singkat visi misinya sebagai bakal calon Bupati Sarmi, sesuai dengan apa yang diharapkan rakyat di Kabupaten Sarmi.

Untuk membangun Sarmi, lanjutnya, tentu butuh pemimpin yang visioner dan bisa mendatangkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk pembangunan itu.

Ia melihat sosok Yanni yang akan mencalonkan sebagai Bupati Sarmi periode 2024 – 2029, merupakan sosok perempuan yang berpengalaman dan tentu sebagai perempuan akan membangun Sarmi dengan cinta.

“Harapan dari para tokoh agama, bisa melihat dan membangun bersama ini bisa berdampak baik untuk rakyat di Sarmi,” ujarnya.

Untuk itu, dalam Pilkada Sarmi pada November 2024, kata Ahmad Mainatu, para tokoh lintas agama di Kabupaten Sarmi mengusulkan bakal calon Wakil Bupati Sarmi, Fredik Sawefkoy, yang akan mendampingi bakal calon Bupati Sarmi, Yanni.

“Ya, usulan calon wakil bupati atas nama Fredik Sawefkoy ini, kita tidak ragu lagi. Sebab, kami sudah ada sejak Sarmi menjadi kabupaten, sehingga untuk melihat figur calon wakil ini, itu diamati sejak dulu sampai hari ini. Bahkan, begitu nama Fredik Sawefkoy itu disebut, semua menerima,” kata Ahmad Mainatu yang juga Sekretaris Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sarmi ini.

Apalagi, ia menilai Fredik Sawefkoy yang disodorkan sebagai bakal calon wakil bupati yang akan mendampingi bakal calon Bupati Sarmi Yanni, tentu memiliki track record yang jelas dan bersih.

“Beliau juga sangat dekat dengan hamba-hamba Tuhan atau rohaniawan dari agama manapun, beliau ada di tengah-tengah. Bukan kita melindungi dia, tapi beliau juga melindungi kita atau saling melindung,” ujarnya.

Selain itu, imbuhnya, Fredik Sawefkoy juga berpengalaman sebagai birokrat atau ASN hingga terakhir menjabat sebagai Kepala Dinas Perikanan ini, tentu akan sangat tepat mendampingi bakal calon Bupati Sarmi, Yanni.

Sementara itu, Tokoh Agama Sarmi, Pdt Raymon Roy Sendua, STh mengakui sesuai kesepakatan bersama para tokoh agama untuk memberikan dukungan terhadap bakal calon Bupati Sarmi, Yanni dan bakal calon Wakil Bupati Sarmi, Fredik Sawefkoy.

“Dengan ini kami dari bagian keagamaan, menjadi suatu dukungan resmi untuk memutuskan sebagai calon Wakil Bupati Sarmi, Fredik Sawefkoy untuk mendampingi Ibu Yanni sebagai calon Bupati Sarmi dalam Pilkada tahun 2024,” katanya.

“Oleh sebab itu, kami terus mendampingi, mengawasi dan terus mendoakan semua tugas-tugas, program kerja yang akan direncanakan sebagai visi misi beliau untuk Sarmi dalam 5 tahun ke depan,” sambungnya.

Pdt Raymon mengungkapkan alasan mengusulkan Fredik Sawefkoy untuk mencalon bakal calon Wakil Bupati Sarmi mendampingi Yanni sebagai bakal calon Bupati Sarmi pada Pilkada tahun 2024. Bahkan, ia menyebut Fredik Sawefkoy tidak diragukan lagi untuk mendampingi Yanni sebagai bakal calon Bupati Sarmi.

“Beliau tepat mendampingi ibu Yanni. Apalagi, dengan latar belakang birokrat atau ASN yang berpengalaman, cerdas, tertib dan bersih,” imbuhnya.

Sementara itu, Fredik Sawefkoy, SIP, MAP menyampaikan terimakasih atas dukungan dari masyarakat dan para tokoh lintas agama Kabupaten Sarmi untuk maju sebagai calon wakil bupati untuk mendampingi bakal calon Bupati Sarmi, Yanni dalam Pilkada tahun 2024.

“Saya apresiasi sekali kepada masyarakat Sarmi dan para tokoh lintas agama yang begitu mempercayakan saya, merekomendasikan saya untuk mendampingi ibu Yanni dalam Pilkada di Kabupaten Sarmi,” kata Fredik Sawefkoy yang pernah menjabat Kadistrik Bonggo selama 13 tahun ini.

Ia yakin Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Papua itu, merupakan salah satu sosok pemimpin yang peduli terhadap pembangunan dan peduli kepada rakyat di Sarmi.

“Hal itulah yang membuat saya optimis untuk membantu dan mendampingi ibu Yanni dalam mendesain pembangunan di Kabupaten Sarmi. Saya yakin dengan kehadiran ibu di Sarmi, pembangunan di daerah ini akan semakin maju,” ujar mantan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Sarmi ini.

“Saya bersedia mendampingi Ibu Yanni, lantaran ibu luar biasa untuk bisa kita memajukan Sarmi untuk lebih baik lagi dari hari ini,” sambungnya.

Sosok Fredik Sawefkoy tentu tidak asing lagi bagi warga Sarmi. Apalagi, ia merupakan anak Sarmi yang sudah lama berada di pemerintahan. Fredik Sawefkoy juga yakin bisa mengimbangi Ketua DPD Partai Gerindra Papua itu untuk menentukan arah dan kebijakan pembangunan di Kota Ombak itu lebih baik lagi.

Sebelumnya, Forum Kerukunan Umat Beragama Sarmi memberikan rekomendasi kepada Fredik Sawefkoy untuk mencalonkan diri sebagai wakil bupati Sarmi pada Pilkada serentak tahun 2024, mendampingi Ketua DPD Partai Gerindra Papua, Yanni sebagai calon Bupati Sarmi periode 2024-202. Rekomendasi itu, ditandatangani oleh Ketua FKUB Kabupaten Sarmi, Pdt Yermias A Mofu, SSi, MMis dan H Ahmad Mainatu.

Selain itu, juga ada surat pernyataan dukungan dari sejumlah tokoh lintas agama terhadap Fredik Sawefkoy untuk menjadi calon Wakil Bupati Sarmi mendampingi Yanni sebagai calon Bupati Sarmi.

Menanggapi adanya dukungan terhadap Yanni untuk maju sebagai bakal calon Bupati Sarmi, Ketua Harian DPD Partai Gerindra Provinsi Papua, Geovano Pattipawae merasa bangga, terharu dan bahagia atas dukungan dari masyarakat Sarmi terus mengalir kepada Ketua DPD Partai Gerindra Papua untuk maju dalam Pilkada di Kabupaten Sarmi.

“Masyarakat dan para tokoh lintas agama datang memberikan dukungan, sekaligus mengajukan Fredik Sawefkoy sebagai calon wakil bupati untuk mendampingi ibu Yanni. Kami sangat berterimakasih kepada masyarakat dan para tokoh lintas agama,” katanya.

Terkait masukan dari masyarakat dan tokoh lintas agama Sarmi itu, pihaknya tentu akan membahasnya kembali dalam tim.

“Tentu kami akan bahas apakah pas untuk mendampingi ibu Yanni baik dalam kinerjanya dalam pemerintahan karena beliau latar belakangnya ASN, bukan dari partai politik. Kami akan lihat rekam jejaknya dan dukungan dari masyarakat,” ujarnya.

Apalagi, lanjut Geovano, banyak tokoh yang tertarik untuk mendampingi Ketua DPD Partai Gerindra Papua itu maju dalam Pilkada di Kabupaten Sarmi.

“Sampai saat ini, sudah ada 17 tokoh yang diusulkan untuk mendampingi ibu Yanni pada Pilkada nanti. Tentu dari sekian banyak itu, kami harus memilah kira-kira siapa yang nanti akan mendampingi Ibu Yanni,” ujarnya.

Sebab, imbuh Geovano, untuk Kabupaten Sarmi ini, dibutuhkan pemimpin yang betul-betul bekerja dari hati dan mengerti keinginan masyarakat. Sebab, diketahui pembangunan di Sarmi ini belum maksimal, padahal dekat dengan ibu kota provinsi dan aksesnya sangat mudah.

“Kami harap masyarakat Sarmi memberikan dukungan agar Sarmi ini berubah lebih baik ke depannya,” imbuhnya.

Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Papua, Yanni, SH, MH, MSos menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada masyarakat dan para tokoh lintas agama di Kabupaten Sarmi yang memberikan dukungan untuk maju dalam kontestasi Pilkada Serentak tahun 2024.

“Ini akan menjadi perhatian khusus dari kami, sebab ini dukungan yang luar biasa yang mana didukung oleh FKUB Kabupaten Sarmi dan secara khusus pula menghadirkan calon yang didukung yakni Fredik Sawefkoy datang bersama-sama di kediaman saya,” imbuhnya.(bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *