Massa Desak Pj Bupati Lanny Jaya Aktifkan ASN yang Dimutasi

Massa dari keluarga korban ASN yang dimutasi secara sepihak melakukan aksi demo di Kantor Bupati Lanny Jaya, Rabu, 10 Juli 2024.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Sejumlah massa aksi melakukan demo di halaman Kantor Bupati Lanny Jaya, Rabu, 10 Juli 2024.

Mereka yang berasal dari keluarga ASN ini, mendesak Penjabat Bupati Lanny Jaya, Alfius Yigibalom, SH, MSi untuk segera mengembalikan jabatan bagi para ASN yang dimutasi yang dinilainya secara sepihak.

Massa aksi langsung membawa sejumlah baliho berisi tuntutan mereka, salah satunya bertuliskan “Pj Bupati Lanny Jaya Alpius Yigibalom SH, MSi segera aktifkan kembali ASN yang sudah dimutasi’ dan melakukan orasi.

Koordinator Aksi Tegis Wanena mengatakan sebagai keluarga korban atas adanya tindakan mutasi yang dialami sejumlah ASN di lingkungan Pemkab Lanny Jaya, mereka merasa ada yang tidak adil dari sikap Pj Bupati Alpius Yigibalom.

‘Kami demo murni dari keluarga ASN yang mengalami mutasi sepihak yang dilakukan oleh Pj Bupati tanpa dasar hukum yang jelas,” kata Tegis Wanana.

Ia menilai sebagai Pj Bupati Lanny Jaya, tentu fungsi dan tugasnya menjalankan roda pemerintahan, administrasi dan persiapan menghadapi Pemilukada, bukan malah melakukan pencopotan jabatan.

“Tidak ada 1 pasalpun yg membenarkan Pj Bupati boleh melakukan pergantian kepala dinas maupun Kepaka Bidang, Kepala Distrik dan seterusnya,” tandasnya.

Untuk itu, ia mendesak Pj Bupati Lanny Jaya memberikan penjelasan terkait pencopotan sejumlah pejabat. Sebab, tidak ada kewenangan Pj Bupati melakukan pergantian jabatan.

Tegis Wanena meminta Pj Bupati Lanny Jaya memberiakn penjelasan terkait mutasi jabatan itu.

“Kami minta penjelasan, atas dasar apa bisa melakukan pergantian sewenang-wenang dan kita demo ini tidak bawa KNPI atau mahasiswa dan lainnya, tapi kami demo murni dari keluarga korban mutasi sepihak atau tindakan pak Pj Bupati yang tanpa dasar hukum ini,” tandasnya.

Dalam aksi itu, mereka juga meminta Mendagri agar mengevaluasi kinerja Pj Bupati Lanny Jaya yang mengganti atau memutasi ASN tanpa adanya regulasi yang jelas. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *