Pemilihan Rektor Uniyap Jayapura Dinilai Sangat Demokratis

Dosen Uniyap Jayapura Dr Syamsier Husein.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Dosen Uniyap Jayapura, Dr Syamsier Husein, SE, MSi menilai bahwa pemilihan Rektor Universitas Yapis (Uniyap) Jayapura, beberapa hari lalu, sangat demokratis.

Menurutnya, dalam tahap pemilihan Rektor Uniyap Jayapura itu, mulai dari penjaringan, penyaringan hingga pemilihan sudah berjalan lancar dan sudah terpilih Dr Didi Mabui sebagai Rektor Uniyap Jayapura.

“Inilah salah satu pemilihan rektor yang paling demokratis,” kata Syamsier Husein ditemui disela-sela acara Rapat Kerja KONI Kota Jayapura di Grand Abe Hotel, akhir pekan kemarin.

Sebab, menurutnya, dalam pemilihan Rektor Uniyap itu, tidak ada unsur intervensi dari siapapun, tidak ada saling mempengarui dan tidak ada intervensi dari apapun dari pihak manapun.

Selain itu, Anggota Senat Uniyap Jayapura memiliki kesadaran yang tinggi untuk memilih calonnya.

“Apresiasi perlu diberikan kepada seluruh anggota senat yang memiliki hak pilih, mereka ini luar biasa dan sangat menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi yang selama ini diajarkan dan didukung dengan nilai-nilai agama yang kuat, sehingga mereka tidak mudah dipengaruhi oleh siapapun,” bebernya.   

Dikatakan, sebagai Yayasan Pendidikan Islam tentu mengajarkan bagaimana cara berdemokrasi yang baik mulai tingkat dewan pembina sampai dengan mahasiswa.

“Ini harus ada turunannya bagaimana menerapkan demokrasi yang baik, karena ini adalah lembaga pendidikan,” ujarnya.

Syamsier Husein yang juga salah satu anggota Senat Uniyap ini, mengatakan jika di Uniyap, itu yang tertinggi dewan pembina, kemudian badan pengawas, pengurus yayasan, ketua yayasan. Tiga unsur ini memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan Yapis di Tanah Papua.

“Dalam pemilihan rektor, ketiga petinggi ini memiliki netralitas yang luar biasa dan mereka menanamkan nilai-nilai demokrasi kepada seluruh pengurus dan para dosen, sehingga berdampak pada pemilihan rektor yang berjalan dengan lancar dan sangat demokratis tanpa intervensi darimanapun,” ungkapnya.

Untuk itu, Syamsier Husein mengucapkan selamat kepada Dr Didi Mabui sebagai Rektor Uniyap Jayapura terpilih.

“Kita semua harus bersatu membangun kampus yang kita cintai ini menjadi kampus yang unggul, yang bisa bersaing dengan kampus-kampus besar. Tidak hanya unggul secara internal, tapi unggul juga secara eksternal, termasuk menghasilkan lulusan yang berkualitas,” imbuhnya.(bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *