Rakerkot KONI Kota Jayapura Bahas Persiapan PON Aceh dan Sumut, Abisai Rollo Harap Pemprov Papua Beri Dukungan Anggaran 

Ketua KONI Kota Jayapura, Abisai Rollo, SH MH didampingi Asisten I Setda Kota Jayapura,  Everth Meraudje, anggota DPRD Kota Jayapura, Yulia Rahman foto bersama Pengurus KONI Kota Jayapura disela sela pembukaan Rapat Kerja Kota Jayapura di Hotel Grand Abe, Kota Jayapura, Sabtu 6 Juni 2024.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Jayapura menggelar Rapat Kerja Kota (Rakerkot) tahun 2024, yang dibuka secara resmi oleh Asisten I Setda Kota Jayapura, Evert Meraudje di Hotel Grand Abe, Kota Jayapura, Sabtu pagi 6 Juni 2024.

Rakerkot ini mengusung tema, Satu Hati Tingkatkan Prestasi Menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) tahun 2024 dengan subtema Kerja Kerja Kolaboratif Kota Jayapura Meraih Juara PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara tahun 2024.

Dalam sambutan Penjabat (Pj) Wali Kota Jayapura, Christian Sohilait yang disampaikan Asisten I Setda Kota Jayapura, Evert Meraudje berharap Rakerkot KONI Kota Jayapura ini, ada ide-ide positif yang dapat dituangkan pada program kerja,  terutama dalam mempersiapkan diri menghadapi event-event nasional ke depan.

“Hal-hal yang belum terlaksana hendaknya menjadi bahan evaluasi untuk terus bekerja yang lebih baik lagi ke depannya,” kata Evert Meraudje.

Dikatakan, sesuai dengan tema dan subtema Rakerkot menekankan pentingnya persatuan dan kerjasama dalam mencapai tujuan  bersama yaitu meraih prestasi tertinggi di ajang PON XXI Aceh dan Sumut .

“Saya yakin dengan semangat satu hati dan kerja keras yang kolaboratif kita bisa mencapai hasil yang gemilang,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Provinsi Papua Saharuddin Ita mengatakan, KONI Kota Jayapura adalah barometer pembangunan olahraga prestasi di Provinsi Papua, episentrum dalam melihat pembangunan secara keseluruhan melalui olahraga.

“KONI Kota Jayapura memiliki sebanyak 44 cabang olahraga dan jumlah tersebut belum tentu ada pada KONI kabupaten lain di Papua, sehingga jika dari 44 cabor di KONI Kota Jayapura yang mewakili kontingen Papua di PON XXI Aceh dan Sumut dan mendapatkan satu medali emas, maka kami bisa masuk enam besar,” ujarnya

Tak hanya itu, kata Sahafuddin Ita, pada perhelatan PON XXI Aceh dan Sumut ada sebanyak 1.000 lebih medali yang akan diperebutkan.

Pada pelaksanaan PON XX Papua di mana dari 93 medali emas, 66 medali perak dan 102 medali perunggu sebagian besar berasal dari Kota Jayapura.

“Kami berharap Kota Jayapura dapat mempertahankan prestasi kontingen Papua pada  PON XXI Aceh dan Sumut,” imbuhnya.

Masih ditempat yang sama, Ketua Umum KONI Kota Jayapura Abisai Rollo, SH, MH atau disingkat ABR mengatakan, Rakerkot yang digelar ini merupakan amanat dari anggaran dasar rumah tangga.

“Sesuai tema dan Sub tema Rapat Kerja Kota KONI Kota Jayapura itu ialah berkolaborasi, jadi mengkolaborasi antara kita pengurus dengan semua cabang olahraga lainnya.  Bahkan, kita ada 44 cabang olahraga sehingga di dalam rapat kerja ini kita pun menginginkan cabang olahraga, para atlet,  sehingga atlet tersebut terus mendapatkan pembinaan yang baik serta dilatih dengan baik  juga untuk persiapan pada PON XXI Aceh dan Sumut,” ungkapnya

Abisai Rollo yang juga sebagai Ketua DPR Kota Jayapura ini menambahkan, jika event terbesar nanti adalah PON XXI. Namun, ia berharap bahwa Pemprov Papua harusnya bisa melihat dan mempersiapkan anggaran untuk cabang-cabang olahraga, atlet atlet yang akan berangkat untuk mengikuti PON XXI di Aceh dan Sumut.

“Papua ini, kalau tidak terlibat dalam PON Indonesia itu tidak lengkap, tetapi kalau Papua terlibat dalam PON Indonesia itu baru  lengkap. Jadi,  kita sendiri tahu bahwa sampai hari ini provinsi juga belum ada persiapan anggaran untuk PON XXI,” imbuhnya. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *