Pilot Selandia Baru yang Dibunuh KKB Berhasil Dievakuasi ke Timika

Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 bersama gabungan TNI - Polri mengevakuasi jenasah Mr Glen Malcolm Conning (50) pilot helikopter Selandia Baru yang dibunuh KKB di Distrik Alama, Kabupaten Mimika, Senin, 5 Agustus 2024.
banner 120x600

MIMIKA, Papuaterkini.com – Pilot helikopter Mr Glen Malclom Conning (50) yang dibantai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Alama, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, akhirnya berhasil dievakuasi ke Timika oleh Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 Gabungan TNI – Polri, Selasa, 6 Agustus 2024.

Diketahui, Senin, 5 Agustus 2024, pilot berkebangsaan Selandia Baru itu, terbang dari Timika menuju Distrik Alama bersama 6 penumpang.

Namun, sesampainya di Distrik Alama, justru sang pilot disandera dan dibunuh dengan sadis oleh KKB di Bandara Alama.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Brigjen Pol Dr Faizal Ramadhani saat dikonfirmasi mengatakan, jika Satgas Damai Cartenz-2024 dan gabungan TNI-Polri dari Timika telah diberangkatkan ke Distrik Alama untuk mengevakuasi jenazah pilot ke Timika dan juga melaksanakan olah TKP.

“Satgas Damai Cartenz-2024 dan gabungan TNI-Polri dari Timika telah diberangkatkan ke Distrik Alama untuk mengevakuasi jenazah pilot dan juga olah TKP,” kata Faizal Ramadhani.

Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Dr Bayu Suseno menambahkan, Satgas Damai Cartenz-2024 dan gabungan TNI Polri dari Timika telah tiba di Distrik Alama.

Mereka telah melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian serta mengevakuasi jenazah pilot ke Timika.

“Jenazah pilot telah dievakuasi dari Distrik Alama ke Timika dan tiba pukul 12.50 WIT. Saat ini, jenazah telah berada di RSUD Mimika untuk dilakukan Visum et Repertum,” jelasnya.

Bayu Suseno menegaskan, tindakan yang dilakukan KKB di Distrik Alama adalah aksi yang kejam dan membuat masyarakat Alama kesulitan memperoleh dukungan bahan makanan dan fasilitas kesehatan karena penerbangan menuju Alama saat ini dihentikan.

Kasus penyanderaan dan pembunuhan secara sadir terhadap pilot helikopter milik PT Intan Angkasa Air Service Mr Glen Malcolm Conning asal Selandia Baru itu, dilakukan oleh KKB. 

Selain itu, KKB juga membakar helikopter jenis IWN MD.500 ER PK yang diterbangkan oleh korban di Distrik Alama, Kabupaten Mimika. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *