Laurenzus Kadepa: Pj Bupati Mimika Harus Netral

Anggota Komisi I DPR Papua, Laurenzus Kadepa.
banner 120x600

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Anggota Komisi I DPR Papua, Laurenzus Kadepa meminta agar Penjabat Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito yang baru dilantik agar menjaga netralitas pada Pilkada di Kabupaten Mimika pada November 2024.

“Pilkada Kabupaten Mimika menjadi konsen kami Komisi I DPR Papua, karena perbandingan Kabupaten Mimika dan Kabupaten lain, sangat berbeda,” kata Laurenzus Kadepa, akhir pekan kemarin.

Menurutnya, Kabupaten Mimika merupakan daerah yang bisa dikatakan sebagai daerah rawan konflik pilkada, sehingga perlu adanya netralitas dari pemimpin di Kabupaten setempat.

Apalagi, lanjut Kadepa, di Kabupaten Mimika sendiri ada 3 pasangan calon bupati dan wakil bupati yang sudah mendaftar hingga sekarang dalam tahapan pemeriksaan kesehatan.

Dengan dilantiknya Pj Bupati Mimika yang baru, Laurenzus Kadepa mendesak agar Pj Bupati Mimika harus netral, jangan memihak ke salah satu paslon. Ini untuk menghindari konflik antar suku di Kabupaten Mimika.

“Kami tidak mau Mimika ini konflik karena Pj Bupati tidak netral atau memihak salah satu Paslon. Dan juga lembaga lain untuk mensukseskan Pilkada di Kabupaten Mimika,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk secara resmi melantik Valentinus Sudarjanto Sumito menjadi Pj Bupati Mimika di Nabire, Jumat, 6 September 2024.

Valentinus yang menjadi orang nomor satu di lingkungan pemerintahan Kabupaten Mimika ini dilantik sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-3664 Tahun 2024 tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Mimika, Provinsi Papua Tengah.(bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *