Makin Unggul di Pilkada Papua, Mari-Yo Didukung Dewan Adat Byak

Bakal calon Wakil Gubernru Papua Aryoko Rumaropen didukung Dewan Adat Byak.
banner 120x600

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Dewan Adat Byak, Provinsi Papua menyatakan komitmen untuk mendukung pasangan Matius D. Fakhiri – Aryoko Rumaropen (Mari – Yo) di Pemilihan Umum Kepala Daerah atau Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Papua.

Sekretaris Jenderal KainKain Karkara Byak, Gerard Kafiar menyatakan para pemimpin sembilan masyarakat adat Biak siap mendukung Mari – Yo menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Periode 2024-2029.

“Kami siap mendukung dan memenangkan Bapak Mathius Fakhiri dan Mananwir Aryoko Rumaropen,” kata Kafiar di sela kegiatan Musyawarah Besar ke-III KainKain Karkara Byak, di Kabupaten Biak Numfor, Sabtu, 31 Agustus 2024.

Ia mengatakan akan selalu berdoa agar Matius Fakhiri dan Aryoko Rumaropen yang mau menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Ditempat ini, kami (Dewan Adat) meminta agar ke depan jika terpilih sebagai gubernur dapat melihat semua masyarakat adat dan lembaga adat di seluruh Tanah Papua,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan pembacaan pernyataan sikap dari sembilan Ketua Wilayah Adat Biak yang dibacakan oleh perwakilan dari Mananwir Er Yarangga, Nehemia Yarangga.

Salah satu poin pernyataan yang disampaikan adalah, “Kami para pemimpin sembilan masyarakat adat biak siap mendukung bapak Mathius D Fakhiri bersama bapak Aryoko Rumaropen untuk menjadi Gubernur dan wakil gubernur Papua Periode 2024-2029,” katanya.

Calon Wakil Gubernur Papua Aryoko Rumaropen mengatakan dirinya hadir di Mubes Dewan Adat Byak sebagai Mananwir yang memimpin Masyarakat Adat Biak yang berada di Wilayah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom dan kabupaten Sarmi.

Dengan harapan, semoga proses Mubes yang sedang berjalan dapat dijaga bersama agar menjadi rujukan untuk membawa masyarakat adat jauh lebih baik dari hari ini.

“Saya berdiri disini sebagai Wakil Calon Gubernur karena dukungan dari masyarakat Papua, lebih Khusus Masyarakat Adat Biak. Saya telah mendaftarkan diri sebagai calon Wakil Gubernur Papua dan saya anak Biak yang dipercayakan oleh seluruh masyarakat Papua untuk mendampingi bapak Martius Fakhiri,” kata Aryoko Rumaropen.

Dihadapan para tokoh adat dan masyarakat, Aryoko memohon doa dan dukungan agar pasangan Mari – Yo menang saat Pilkada Papua 2024.

“Kita orang Biak sudah banyak memberi bukti untuk Tanah Papua lewat Mubes seperti ini dan menjadi jembatan kesuksesan, kemajuan suatu daerah di Papua,” ujarnya.

Berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkada, Aryoko meminta seluruh masyarakat mengawal Pilkada agar berlangsung dengan damai, aman. Sebagai masyarakat Adat Biak wajib untuk menjaga penyelenggaraan Pemilu ini secara damai.

“Jangan ada politik identitas, dengan mengatasnamakan segala sesuatu tetapi proses penyelenggaraan Pilkada harus berlangsung dengan damai. Jadikan orang Biak sebagai orang yang bijaksana untuk menjaga dan menjunjung tinggi demokrasi di Tanah Papua,” imbuhnya. (bat/MDF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *