Masuk Tahap Kampanye Pilkada, Bawaslu Mamberamo Raya Ingatkan Netralitas ASN

Ketua Bawaslu Mamberamo Raya Cornelia Mamoribo.
banner 120x600

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Memasuki tahap kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 November 2024, Bawaslu Kabupaten Mamberamo Raya menyampaikan harapan penting demi kelancaran dan kualitas proses demokrasi yang sedang berjalan.

Ketua Bawaslu Mamberamo Raya Cornelia Mamoribo usai menghadiri pencabutan nomor urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati di KPU mengingatkan pentingnya penyelenggaraan kampanye yang bersih, jujur dan adil.

“Harapan kami adalah agar semua pihak, baik peserta pilkada maupun pendukungnya, dapat mematuhi semua aturan yang telah ditetapkan oleh undang-undang. Ini penting agar kampanye berlangsung damai, tanpa pelanggaran yang berpotensi mencederai demokrasi,” kata Cornelia Mamoribo.

Selain itu, Bawaslu Kabupaten Mamberamo Raya menekankan pentingnya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan mengimbau masyarakat untuk ikut serta mengawasi jalannya proses kampanye.

“Partisipasi aktif masyarakat dalam pengawasan pilkada akan sangat membantu kami dalam menjaga integritas proses ini. Jika ditemukan pelanggaran, kami berharap masyarakat tidak segan-segan melaporkan kepada kami Bawaslu, Panwaslu Distrik,” ujarnya.

Bawaslu menyoroti beberapa potensi pelanggaran yang sering terjadi selama kampanye, seperti politik uang, kampanye hitam dan penggunaan fasilitas negara oleh kandidat.

Untuk itu, Bawaslu akan meningkatkan pengawasan dan bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk kepolisian dan kejaksaan, untuk memastikan semua pihak mematuhi aturan yang berlaku.

Dengan segala persiapan ini, Bawaslu Kabupaten berharap Pilkada tahun ini dapat berjalan dengan lancar, damai, dan demokratis, serta menghasilkan pemimpin daerah yang benar-benar dipilih oleh rakyat tanpa ada kecurangan atau intimidasi.

“Kami berharap seluruh pihak dapat mendukung terciptanya pemilihan yang berkualitas. Ini adalah momentum penting bagi kita semua untuk menunjukkan bahwa demokrasi di daerah ini bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya. (nap/bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *