Pilkada Sarmi, Paslon DJ Nomor urut 1, Yanni – Jemmi Nomor 2, MANTAP Nomor 3

Ketiga pasangan calon bupati Sarmi foto bersama Komisioner KPU Sarmi dan Bawaslu Sarmi usai pencabutan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sarmi. Senin, 23 September 2024, malam.
banner 120x600

SARMI, Papuaterkini.com – KPU Kabupaten Sarmi resmi menetapkan nomor urut tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sarmi yang akan bertarung dalam kontestasi Pilkada pada November 2024 dalam rapat pleno terbuka, Senin, 23 September 2024.

Dalam pencabutan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sarmi itu, paslon Dominggus Catue – Jumriati atau DJ diusung PDI Perjuangan, PKS, PKB, PPP mendapatkan nomor urut 1.

Paslon Yanni – Jemmi Esau Maban atau Yanni – Jemmi yang diusung Partai Gerindra, Partai Hanura, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Buruh, Partai Garuda, Partai Bulan Bintang, Partai Solidaritas Indonesia dan Partai Gelora ini mendapatkan nomor urut 2.

Sedangkan, Paslon Agus Festus Moar – Mustafa Arnold Muzakkar atau MANTAP diusung Partai Nasdem ini mendapatkan nomor urut 3.

03.2/BA/9110/2024 tentang penetapan nomor urut pasangan calon serta pemilihan bupati dan wakil bupati Sarmi tahun 2024.

Pada hari ini Senin, 23 September 2024, bertempat di Sarmi, KPU Kabupaten Sarmi telah melakukan  pengundian nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati berdasarkan  Pasal 121 PKPU Nomor 8 Tahun 2024, dengan memperhatikan berita acara  Nomor 165/PL.03.2/BA/9110/2024/Tahun 2024 tentang penetapan pasangan calon peserta pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Sarmi Tahun 2024 yang telah ditetapkan pada tanggal 22 September 2024.

Berdasarkan pengundian nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sarmi ditetapkan nomor urut pasangan calon sebagai berikut:
Nomor urut 1 atas nama Dominggus Catue, S.KM., M.Kes dengan calon Wakil Bupati Jumriati, SH yang diusung Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Yanni, SH, MH, MSos sebagai calon Bupati, pasangan calon Wakil Bupati Jemmi Esau Maban yang didukung oleh Partai Hanura, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Buruh, Partai Garda Republik Indonesia, Partai Bulan Bintang, Partai Solidaritas Indonesia, dan Partai Gelombang Rakyat Indonesia, dengan nomor urut 2

Selanjutnya paslon yang mendapat nomor urut 3 yakni Agus Festus Moar – Mustafa Arnold Muzakkar yang diusung oleh satu partai politik, Partai NasDem.

Usai pencabutan nomor urut itu, KPU Kabupaten Sarmi langsung menetapkannya dalam rapat pleno terbuka tersebut.

Ketua KPU Sarmi, Yohanes YR Yenggu membacakan Surat Keputusan KPU Kabupaten Sarmi Nomor 86 Tahun 2024 tentang Penetapan Nomor Urut Peserta Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sarmi Tahun 2024.

“Menetapkan nomor urut peserta pasangan calon pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sarmi 2024 sebagaimana tercantum dalam lampiran keputusan ini yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keputusan ini. Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkannya. Ditetapkan di Sarmi pada tanggal 23 September 2024,” kata Yohanes Yenggu.

Dari pantauan media ini, pasangan Dominggus Catue – Jumriati menjadi pasangan pertama mengambil nomor urut paslon, disusul paslon Yanni – Jemmi Esau Maban mendapatkan nomor urut 2 dan paslon Agus Festus Moar – Mustafa Arnold Muzakkar.

Begitu mencabut nomor urut, langsung disambut yel-yel semarak dari masing-masing pendukung dan tim pemenangan paslon.

Paslon Bupati Sarmi Dominggus Catue – Jumriati dalam sambutannya mengatakan, jika semua bersaudara dan semua bertujuan untuk Sarmi lebih baik lagi.

“Terimakasih buat proses hari ini. Proses yang baik ini, semoga berlangsung sampai 27 November nanti,” kata Dominggus Catue.

Calon Wakil Bupati Sarmi Jumriati mengaku bersyukur lantaran paslon DJ mendapatkan nomor 1 dalam pencabutan nomor urut paslon ini. “Semoga nomor urut 1, semoga nomor urut 1 adalah nomor kemenangan yang akan ditetapkan sebagai pemenang Pilkada 2024 di Kabupaten Sarmi,” imbuhnya. 

Paslon Bupati Sarmi Nomor Urut 2 Yanni – Jemmi Esau Maban dalam sambutannya, mengucap syukur lantaran mendapatkan nomor urut 2 dalam pencabutan nomor urut paslon di Pilkada Sarmi.

“Saya menyampaikan terimakasih kepada penyelenggara, aparat keamanan dan muspida Sarmi serta Pj Bupati yang diwakili dan pendukung Yanni – Jemmi dari Kapitiyau sampai Subu, dari air menetes sampai ombak pecah dan teman-teman dari 12 partai yang terus memberikan dukungan untuk Yanni – Jemmi. Ini membuktikan kecintaan untuk Sarmi,” kata Calon Wakil Bupati Sarmi, Jemmi Esau Maban.

Sementara itu, Calon Bupati Sarmi, Yanni pun langsung membakar semangat pendukungnya dengan yel-yel Yanni – Jimmi nomor urut 2.

“Nomor 2… Kalau bukan sekarang, kapan lagi, kalau bukan kita, siapa lagi,” imbuh yang dibalas pendukungnya dengan yel-yel.

Sementara itu, paslon nomor urut 3 Agus Festus Moar – Mustafa Arnold Muzakkar dalam sambutannya juga bersyukur dengan perolehan nomor urut 3, namun ia mengingatkan Sarmi harus maju.

“Kita harus bangun Sarmi, bukan persoalan nanti kalah atau menang, tapi ingat Sarmi harus dibangun,” imbuhnya. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *