38 Hari Jelang PON, Sarana dan Prasana Venue di Klaster Kabupaten Jayapura Belum Selesai

  • Whatsapp
Ketua Bidang IV Pembangunan Sarana Prasarana Sub PB PON XX Kabupaten Jayapura, Alpius Toam.

SENTANI, Papuaterkini.com – Satu bulan lebih atau tepatnya 38 hari menjelang pelaksanaan PON XX di Papua, terdapat masih banyak kekurangan fasilitas sarana prasarana venue-venue PON XX Papua di Klaster Kabupaten Jayapura yang tersebar di empat zona.

Keempat zona itu, meliputi Stadion Lukas Enembe, Stadion Barnabas Youwe, Lanud Silas Papare dan Doyo Baru.

Pembangunan fisik PON XX di Klaster Kabupaten Jayapura dengan 14 cabang olahraga mempertandingkan 21 disiplin cabang olahraga itu, sebagian besar infrastrukturnya sudah terbangun, tetapi masih ada fasilitas sarana prasarana di venue-venue yang belum selesai pengerjaannya.

Salah satunya di GOR HMS (Toware) yang mengalami kekurangan air dan minggu ini akan dikerjakan pembangunan mesin dan penambahan tandon air.

Ketua Bidang IV Sarana Prasarana pada Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura, Alpius Toam mengatakan, pihaknya sudah mendata dan langsung menyampaikan segala kekurangan sarana prasarana pendukung yang terdapat di venue-venue PON XX di Klaster Kabupaten Jayapura ke PB PON XX Papua.

“Sampai dengan hari ini untuk kesiapan sarana prasarana di venue-venue yang ada di Klaster Kabupaten Jayapura yang tersebar di empat zona yakni, Stadion Lukas Enembe, Stadion Barnabas Youwe, kemudian di Lanud Silas Papare dan Doyo Baru. Kami dari Bidang IV sub bidang Sarana Prasarana sudah mendata dan juga sudah disampaikan langsung kekurangannya apa-apa saja,” kata Alpius Toam, di Sekretariat Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura, Selasa, 24 Agustus 2021, malam.

Alpius mengungkapkan semua kekurangan sejumlah fasilitas sarana prasarana pendukung di venue-venue yang ada di empat zona Klaster Kabupaten Jayapura ini sudah didata dan dilaporkan langsung ke PB PON XX Papua.

“Tadi kami sudah hubungi Dinas PUPR provinsi, mereka juga sudah datang kesini dan sampaikan untuk kekurangan air di GOR Toware minggu ini sudah mulai dikerjakan seperti penambahan mesin dan pembangunan tandon. Untuk venue di Stadion Barnabas Youwe, juga nanti ada pengerjaan air bersih seperti penambahan mesin dan pembangunan mesin yang nantinya dikerjakan dalam minggu ini,” jelas Alpius Toam yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Kalak BPBD Kabupaten Jayapura ini.

Dikatakan, kekurangan toilet di venue Stadion Barnabas Youwe itu akan disediakan dan dikerjakan oleh Dinas PUPR Provinsi Papua di minggu ini dengan menggunakan toilet portabel.

“Hal itu juga sudah kita komunikasikan dengan Dinas PUPR dan PB PON Papua. Kemudian lapangan Gantole, juga air bersih yang akan dipersiapkan dari provinsi, kemudian mereka juga sampaikan untuk ketersediaan air bersih di dapur umum akan disediakan oleh PDAM Jayapua,” jelasnya.

“Penyediaan air bersih di dapur umum akan menggunakan mobil tangki air, karena itu semuanya harus higienis dan juga untuk kebutuhan masak. Yang mana, ini beda dengan kebutuhan-kebutuhan yang lain-lain, sehingga untuk kebutuhan masak disediakan oleh PDAM,” sambungnya.

Dikatakan, untuk keperluan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di setiap venue seperti cuci tangan itu, disediakan oleh sub bidang kesehatan.

“Dari kesehatan juga harus mengecek kemana-mana, karena semuanya harus protokol kesehatan. Baik itu, pada saat pertunjukan dan gebyar PON XX. Hal itu juga tetap dilakukan Prokes Covid-19 di venue-venue dan tentunya yang buat itu dari kesehatan. Karena itu, masuk di kesehatan, jadi mereka akan komunikasikan kembali dan itu masuk atau dibawah tanggungjawab bidang tiga dalam hal ini kesehatan,” tukas Kepala Dinas PU Kabupaten Jayapura ini. (irf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *