Akan Tarik Draft RUU Otsus Plus, Pansus Otsus DPR Papua Mulai Buka Ruang Aspirasi

  • Whatsapp
Ketua Pansus Otsus DPR Papua, Thomas Sondegau, ST.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Panitia Khusus Otonomi Khusus (Pansus Otsus) DPR Papua tampaknya mulai bergerak. Hal ini dibuktikan dengan melakukan rapat perdana yang dipimpin Ketua Pansus Otsus DPR Papua, Thomas Sondegau, ST bersama anggota Pansus Otsus di Ruang Banggar DPR Papua, Senin, 13 Juli 2020.

Usai rapat tertutup yang berlangsung dua jam lebih itu, Ketua Pansus Otsus DPR Papua, Thomas Sondegau mengakui telah melakukan rapat perdana untuk mempersiapkan rencana kerja Pansus Otsus DPR Papua.

“Kami mulai siapkan rencana kerja, jadwal dan program Pansus ini. Kita akan mulai bekerja terutama pertemuan hal-hal teknis, termasuk menyiapkan ruangan, tempat untuk menerima aspirasi dan lainnya,” kata Thomas Sondegau.

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, jika pihaknya juga mengagendakan pertemuan dengan sejumlah lembaga, baik Majelis Rakyat Papua (MRP) maupun Gubernur, Pemprov Papua  dan berbagai lembaga swadaya masyarakat (LSM) termasuk Elsham dan lainnya.

“Ya, hari ini kami melakukan rapat perdana intern dengan anggota Pansus Otsus. Kami masih tunggu beberapa hari ke depan, karena ada beberapa pemuda dari wilayah adat mau masukkan aspirasi dalam dua hari ke depan. Untuk itu, kami akan siapkan berbagai hal untuk menghadapi atau menerima aspirasi,” jelasnya.

Yang jelas, lanjut Thomas Sondegau, Pansus Otsus DPR Papua tentu akan mengagendakan pertemuan dengan MRP dan Pemprov Papua, termasuk tujuan utama Pansus Otsus DPR Papua akan ke Jakarta untuk menarik kembali draft RUU Otsus Plus yang telah masuk ke Prolegnas DPR RI maupun draft revisi UU Otsus versi Mendagri.

“Ya, itu kami akan tarik dan kembalikan ke masyarakat Papua supaya mereka evaluasi secara menyeluruh. Baik itu draft RUU Otsus Plus yang masuk prolegnas DPR RI maupun versi Mendagri, semua akan kita tarik. Jangan sampai mereka terlanjur ajukan, sehingga kita akan kuwalahan,” tandasnya.

Untuk itu, kata Thomas Sondegau, Pansus Otsus DPR Papua akan membuka ruang aspirasi bagi seluruh stakeholder terkait rencana revisi UU Otsus ini.

“Pansus Otsus sudah mulai buka ruang aspirasi, siapapun dia, silahkan sampaikan aspirasi,” ujarnya.

Ditambahkan, nantinya Pansus Otsus DPR Papua akan duduk bersama MRP, Pemprov Papua, Pemprov Papua Barat, DPR Papua Barat dan Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB). Sebab, kedua provinsi paling timur Indonesia ini, menerima Undang-Undang Otonomi Khusus. (bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *