Anggota DPR RI Dapil Papua Desak Kemenkes Adakan Masker Besar-Besaran

  • Whatsapp
Anggota DPR RI dari Dapil Papua, H Solaeman L Hamzah.

SENTANI, Papuaterkini.com – Langkanya masker di hampir di seluruh daerah, membuat Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) H. Solaeman L Hamzah, SE, SH, mendesak pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengadakan masker besar-besaran atausebanyak-banyaknya dan menyebarkannya ke seluruh daerah ditengah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Anggota DPR RI dari Dapil Papua itu, mengatakan pengadaan masker tersebut harus dilakukan secara rutin dan mengirim dengan jumlah besar ke seluruh daerah.

Bacaan Lainnya

“Alat pengaman diri (APD) seperti masker ini pengadaannya memang sementara juga kita sedang pacu, maka itu kita mendesak supaya Kemenkes mengadakan (masker) ini sebanyak-banyaknya dan disebarkan ke seluruh daerah,” kata Sulaeman Hamzah di Sentani, Jayapura, Sabtu, 28 Maret 2020.

Karena itu, lanjut Solaeman Hamzah, Kementerian Kesehatan harus segera memantau secara rutin dan mengirim dengan jumlah besar ke semua daerah.

“Sekalipun ada usaha sendiri, masing-masing punya usaha sendiri untuk memakai atau menggunakan (masker) sendiri. Tapi, bagi yang tidak mampu kan dia perlu dilayani atau dibantu. Nah, karena itu kewajiban pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan tentunya itu harus bisa secara rutin memantau dan mengirim dengan jumlah yang besar ke semua daerah agar itu bisa dipakai untuk melayani masyarakat di daerah masing-masing,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPW Partai NasDem Provinsi Papua.

Selain itu, Solaeman Hamzah berharap masyarakat nantinya dapat mengikuti anjuran pemerintah soal jaga jarak atau social distancing dan menjaga kebersihan untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 ini.

“Kalau tidak begitu, anjuran soal jaga jarak itu sudah klir dan saya kira tidak ada masalah. Tapi, unsur lain yang perlu juga pengamanan diri inikan memang harus juga dibantu oleh pemerintah terhadap masyarakat yang ada di kampung-kampung. Wilayah kita inikan begitu luas, soal kebersihan dan soal jaga jarak itu semua harus terus disuarakan supaya mereka bisa paham,” papar pria yang juga Ketua Ikatan Masyarakat Flobamora-NTT Provinsi Papua.

“Termasuk semuanya, baik itu masker maupun hand sanitizer. Kalau masker yang saya tadi bilang itu Kementerian harus bisa mengadakan sebanyak-banyaknya untuk mengirim ke daerah, guna melayani kepada masyarakat umum. Tidak bisa dibatasi hanya kepada pelayan kesehatan atau tim-tim yang dibentuk saja, tetapi kepada masyarakat umum juga harus ada pelayanan,” sambungnya.

Selain itu, Solaeman berharap kepada organisasi kemasyarakatan (Ormas) atau pengusaha bisa ikut berpartisipasi untuk membagikan masker kepada masyarakat.

“Kita tentunya juga mengharapkan kepada organisasi-organisasi kemasyarakatan maupun pengusaha-pengusaha yang mampu, saat begini mereka harus tunjukkan bahwa mereka juga berpartisipasi untuk mengamankan situasi ini,” imbuhnya. (irf/bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *