APBD Mamberamo Raya 2020 Disahkan, Bupati Dasinapa: Fokus Infrastruktur di Ibu Kota Kabupaten

  • Whatsapp

BURMESO, Papuaterkini.com – Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mamebramo Raya tahun anggaran 2020 resmi ditetapkan dan disahkan oleh DPRD Mamberamo Raya dalam rapat paripurna khusus yang dipimpin Wakil Ketua I DPRD Mamberamo Raya, Elias Basutey, Senin, 25 Novemver 2019.

Pengesahan APBD Mamberamo Raya tahun 2020 ini, setelah tiga fraksi yakni Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Gerbang Gatra dan Fraksi Mamberamo Hebat menyetujui struktur APBD Mamberamo Raya tahun anggaran 2020 dan menyetujui RAPBD Mamberamo Raya disahkan dan ditetapkan sebagai Peraturan Daerah Kabupaten Mamberamo Raya.

“Dengan persetujuan ketiga fraksi itu, kami sahkan RAPBD Mamberamo Raya tahun 2020 untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah Kabupaten Mamberamo Raya,” kata Wakil Ketua I DPRD Mamberamo Raya, Elias Basutey.

Elias Basutey berharap apa yang sudah menjadi komitmen antara eksekutif dan legislatif ini, demi kepentingan rakyat Kabupaten Mamberamo Raya, sehingga ketika dikonsultasikan ke Provinsi Papua agar melibatkan DPRD Mamberamo Raya jika ada perubahan atau perbaikan.

Sementara itu, Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa, AKs, SSos dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Mamberamo Raya, Suwita, SSos, MEc.Dev menegaskan bahwa kebijakan pembangunan daerah pada tahun anggaran 2020 masih tetap melanjutkan prioritas pembangunan tahun 2019 dimana masih fokus pada pembangunan infrastruktur di ibu kota Kabupaten Mamberamo Raya di Burmeso dan Kasonaweja yang telah ditetapkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2020.

Dikatakan, dalam prioritas pembangunan tahun 2020 difokuskan pada empat prioritas pembangunan yakni peningkatan aksesibilitas infrastruktur daerah guna mengurangi kesenjangan daerah secara khusus di ibukota Burmeso dan Kasonaweja, peningkatan aksesibilitas pelayanan pendidikan dan pelayanan derajat kesehatan, peningkatan pelayanan umum dan pengembangan ekonomi masyarakat berbasis komoditas lokal.

“Dari keempat prioritas pembangunan itu, telah dirumuskan dalam berbagai program dan kegiatan berdasarkan urgensi pembangunan yang dilakukan melalui musrenbangda dalam rangka penyusunan RKPD Mamberamo Raya tahun 2020 yang telah dievaluasi oleh Pemprov Papua pada September 2019,” kata Bupati Dasinapa.

Lebih lanjut, dari berbagai indikator keberhasilan pembangunan yang telah dicapai dan tentunya Pemkab Mamberamo Raya tidak puas diri dan berhenti dari upaya – upaya kerja keras yang terus menerus untuk bekerja dan melakukan perubahan nyata bagi masyarakat yang belum merasakan perubahan pembangunan dalam semua aspek.

“Kami memberikan apresiasi kepada legislatif yang terus menerus melakukan fungsi kontrol terhadap eksekutif dalam pelaksanaan program program prioritas pembangunan di daerah ini,” ujarnya.

Mengakhiri sambutan pada penutupan sidang paripurna atas penyampaikan peraturan daerah tentang APBD Kabupaten Mamberamo Raya tahun 2020 yang merupakan tahun keempat pelaksanaan pembangunan dalam RPJMD Mamberamo Raya, Bupati Dasinapa mengajak semua anak Mamberamo Raya yang mendiami tanah nadi Papua untuk bergandengan tangan dalam kebersamaan untuk menyatukan tekad untuk melakukan perubahan bagi masyarakat yang mendiami hulu dan hilir sungai dan bagian barat Mamberamo Raya.

“Ini agar kita memastikan pada akhir RPJMD tahun 2021 kita bisa mewujudkan visai dan misi kita bersama yakni ‘Masyarakat Mamberamo Raya yang aman, sehat, cerdas, mandiri dan sejahtera yang dilandasi iman dan budaya’ akan menjadi nyata dan terwujud,” imbuhnya.(bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *