APD Tidak Ada, Alfred Anouw: Pemprov Papua dan Para Bupati Stop ‘Peralat’ Tim Satgas Covid-19

  • Whatsapp
Anggota DPR Papua, Alfred Fredy Anouw foto bersama tim Satgas Covid-19 Siriwo dalam kunjungannya, Jumat, 3 April 2020.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Anggota DPR Papua, Alfred Fredy Anouw, menyesalkan kondisi para petugas kesehatan di beberapa pos Satgas Covid-19 di wilayah Meepago.

Sebab, ia melihat para petugas di setiap pos itu, tidak dilengkapi dengan peralatan pelindung diri (APD) yang layak. Mereka hanya diberikan masker saja. Jika ada pasien yang terkena virus Corona atau Covid-19, tentu sangat membahayakan keselamatan mereka.

Bacaan Lainnya

Para petugas kesehatan itu, sangat membutuhkan alat pelindung diri (APD) seperti Hazmat, helm kaca dan lainnya dalam penanganan virus Corona atau Covid-19.

Untuk itu, Alfred Anouw meminta Pemerintah Provinsi Papua maupun seluruh bupati se Papua agar jangan peralat petugas di lapangan. Memang ini tugas mereka, tapi pemerintah juga harus bertanggung jawab atas keselamatan mereka dan kebutuhan mereka.

“Masker dan kaos tangan saja tidak cukup. Mereka harusnya memakai alat pelindung diri (APD) yang layak, stop ‘peralat’ mereka,” tegas Alfred Anouw usai melihat kondisi Tim Satgas Covid-19, Siriwo, Jalan Trans Nabire-Ilaga KM 100, Jumat, 3 April 2020.

Alfred Anouw mengungkapkan, petugas kesehatan yang tergabung dalam Satgas Covid-19 ini semestinya diberi jaminan peralatan pelindung diri yang layak, agar dalam menjalankan tugasnya, kesehatan mereka terjamin mengingat nyawa mereka dipertaruhkan melawan tersebarnya virus Corona atau Covid-19.

Sementara itu, selain kebutuhan mendasar terkait alat pelindung diri yang layak, lanjut Alfred Anouw, banyak petugas kesehatan dalam tim Satgas Covid-19 juga  mengeluhkan berbagai kekurangan kebutuhan guna memperlancar tugas Satgas Covid-19 di lapangan. Misalnya, tim -Satgas Covid-19 di Siriwo ini sangat membutuhkan Radiogram/telegram karena keberadaan mereka tidak terjangkau layanan telekomunikasi atau Telkomsel.

Lain lagi di pos Satgas Covid-19 di Moanemani, mereka mengeluhkan soal makan minum dan masih banyak keluhan dari setiap pos yang ada di wilayah Meepago. Hanya  tim Satgas Covid-19 Kabupaten Paniai yang tidak menyampaikan keluhan apapun.

Menanggapi keluhan para petugas satgas ini, Sekertaris Fraksi Papua Membangun  DPR Papua ini meminta kepada Pemprov Papua maupun para bupati untuk segera memperhatikan keluhan petugas Satgas Covid-19 di lapangan, mengingat mereka ini berperan penting dalam membatasi tersebarnya virus Corona.

“Petugas kesehatan itu pahlawan, pemerintah provinsi dan para bupati harus perhatikan kebutuhan dan keluhan mereka. Mereka ada di lapangan itu mempertaruhkan nyawa mereka,” tandasnya.

Dalam kunjungannya ke Pos Satgas Covid-19 di Siriwo, alfred juga memberikan dukungan dan motivasi serta turut menyumbangkan beberapa karton air mineral dan beberapa kantong buah-buahan bagi petugas Satgas Covid-19. (bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *