Suasana rapat Bapemperda DPR Papua membahas raperdasi pemberian nama Stadion Lukas Enembe di Jayapura, Rabu, 19 Juni 2019.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPR Papua mendukung langkah Pemerintah Provinsi Papua mengajukan Rancangan Peraturan Daerah Provinsi (Raperdasi) tentang Pemberian Nama Stadion Utama Lukas Enembe pada Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

 

Sebelumnya, stadion yang akan digunakan untuk pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 itu, diberi nama Stadion Papua Bangkit.

 

“DPR Papua dari awal melalui laporan Fraksi – Fraksi DPR Papua pada rapat paripurna sudah mengusulkan agar Stadion Kampung Harapan diberi nama Stadion Lukas Enembe. Dan kalau hari ini ada draft Raperdasi dari Eksekutif, tentu kami didewan sangat apresiasi dan mendukung langkah tersebut,” kata Anggota Bapemperda DPR Papua, Thomas Sondegau, ST di Hotel Horizon Jayapura, Rabu, 19 Juni 2019.

 

Dikatakan, pemberian nama Stadion Utama Lukas Enembe pada Kompleks Olahraga Kampung Harapan sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH yang sangat peduli terhadap kemajuan pembangunan bidang keolahragaan di Papua.

 

“Dari gubernur ganti gubernur, baru pada kepemimpinan Gubernur Papua Lukas Enembe ini yang berani meminta kepada Pemerintah Pusat agar Papua menjadi tuan rumah penyelenggaraan pesta olahraga nasional, meskipun Papua masih terbatas dalam hal fasilitas olahraga,” katanya.

 

Namun, lanjut politisi Partai Demokrat ini, dengan tekad dan komitmen yang kuat dari Gubernur Papua, Lukas Enembe untuk mewujudkan visi Papua Bangkit dan Mandiri dibidang olahraga, segala langkah dan upaya diambil dan terbukti hari ini, seluruh fasilitas pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 baik Stadion Utama Kampung Harapan Jayapura maupun venue – venue yang dibangun di 5 klaster sudah hampir rampung dan siap digunakan pada perhelatan PON XX.

 

“Publik di Papua awalnya ragu, Papua bisa tidak jadi tuan rumah PON XX 2020, namun dengan kerja keras eksekutif, legislatif dan stakeholder yang ada, hari ini Stadion Utama di Kampung Harapan telah selesai, bahkan stadion ini bertaraf internasional dan terbaik kedua setelah stadion Gelora Bung Karno Jakarta,” ujarnya.

 

Thomas Sondegau yang juga menjabat sebagai Anggota Komisi IV DPR Papua yang membidangi infrastruktur ini, menambahkan dengan dibahasnya draft Raperdasi tentang Pemberian Nama Stadion Lukas Enembe oleh Bapemperda DPR Papua diharapkan dalam waktu dekat ini Raperdasi itu, dapat segera ditetapkan sehingga pada waktu peresmian stadion, sudah menggunakan nama Stadion Lukas Enembe.

 

“Kami terus genjot proses pembahasan dan diharapkan dalam waktu tidak terlalu lama, Perdasi pemberian nama stadion dan juga beberapa raperdasi atau raperdasus lainnya dapat segera ditetapkan menjadi peraturan daerah,” pungkasnya. (Anderson/Tim Humas DPR Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here