Bupati Dasinapa Pimpin Upacara Pengibaran Bendera HUT RI ke 75

  • Whatsapp
Suasana pengibaran bendera merah putih pada upacara. HUT Kemerdekaan RI ke 75 di halaman Kantor Dinas Perhubungan, Burmeso, Kabupaten Mamberamo Raya, 17 Agustus 2020.


BURMESO, Papuaterkini.com – Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa, AKs, SSos menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 75 di Burmeso, Kabupaten Mamberamo Raya, 17 Agustus 2020.


Dalam upacara pengibaran bendera merah putih ini, tidak seperti biasanya ada Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) lengkap, namun hanya tiga petugas saja lantaran adanya pandemi Covid-19.


Begitu pula, peserta upacara dibatasi hanya 48 orang petugas saja dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dengan tetap memakai masker dan jaga jarak.


Namun demikian, upacara bendera memperingati HUT RI ke 75 itu, berlangsung dengan khidmat. 


Bahkan, para pelajar, Pramuka, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan perempuan antusias mengikuti upacara ini.


Anggota DPRD Mamberamo Raya, Doni Pateh didaulat membacakan teks proklamasi, sedangkan pembacaan UUD 1945 dibawakan Ferdinan Didifu dan doa disampaikan Kepala Kantor Kemenag Mamberamo Raya, Redikson Pakpahan.


Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa, AKs, SSos mengatakan, pada prinsipnya upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI sebagai wujud syukur atas perjuangan para pahlawan bangsa.


“Untuk generasi sekarang ini, kita harus menjaga dan mengisi Kemerdekaan ini, dengan berbagai kegiatan positif dan mendukung progam pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah,” katanya.


Bupati Dasinapa berharap kepada generasi muda untuk mengisi kemerdekaan ini dengan meneladani pahlawan bangsa yang berjuang dengan kemampuannga, keterbatasan dan tanpa teknologi, tapi dengan bambu runcing dan banyak yang menjadi korban.


“Mari kita hargai anak cucu mereka yang ditinggalkan, mari kita jaga persatuan dan membangun daerah ini dari Sabang sampai Merauke, itu harga mati, jangan ada perbedaan yang muncul, mari jaga keutuhan NKRI,” ujarnya.

Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa, AKs, SSos bersama Dandim 1702/Sarmi, Letkol Inf Marlon Silalahi, Kapolres AKBP Hotman Hutabarat dan Sekda Suwita, SSos, MEc.Dev foto bersama usai upacara HUT RI ke 75.


Dikatakan, meski peringatan HUT RI ke 75 ditengah pandemi Covid-19, namun tetap dilaksanakan sebagai bagian dari NKRI, sehingga harus dipertahankan.


Bupati Dasinapa berpesan kepada generasi muda Mamberamo Raya untuk belajar mempertahankan kemerdekaan ini dari para pahlawan bangsa, yakni saling mendukung, saling menolong dan jika kurang tentu harus membantu menjernihkan.


“Generasi muda harus berperan aktif untuk kepentingan rakyat, termasuk membantu berbagai program pembangunan untuk daerah ini,” imbuhnya.

Dalam upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka HUT RI ke 75 ini, diikuti Dandim Letkol Inf Marlon Silalahi, Kapolres Mamberamo Raya, AKBP Hotman Hutabarat, Sekda Mamberamo Raya, Suwita, SSos, MEc.Dev bersama asisten dan sejumlah kepala OPD.

Sementara itu, dalam upacara penurunan bendera merah putih pada peringatan HUT RI ke 75, dengan inspektur upacara, Sekda Mamberamo Raya, Suwita, SSos, MEc.Dev berlangsung dengan khidmat. (bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *