Cegah Covid-19, PDI Perjuangan Papua Terjunkan Tim Semprot Disinfektan

  • Whatsapp
Wakil Ketua II DPR Papua, Edoardus Kaize bersama tim penyemprotan disinfektan DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua melakukan penyemprotan di Perumnas II Waena, Jumat, 3 April 2020.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona atua Covid-19, DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua menerjunkan tim untuk melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat umum, termasuk perumahan, asrama dan sekolah di Kota Jayapura.

Bacaan Lainnya

Bahkan, penyemprotan disinfektan ini, telah dilakukan DPD PDI Perjuangan Papua sejak 23 Maret 2020 dan terus berlanjut hingga saat ini.

Seperti Jumat, 3 April 2020, PDI Perjuangan Papua menurunkan belasan personel dengan 18 alat semprot disinfektan untuk melakukan penyemprotan di kompleks perumahan Perumnas II Waena, kemudian dilanjutkan ke Perumnas III Waena, STT Fajar Timur dan sejumlah tempat lainnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Ketua II DPR Papua, Edoardus Kaize, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Papua sejumlah pengurus teras DPD PDI Perjuangan Papua, DPC PDI Perjuangan Kota bersama pengurus PAC termasuk anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR Papua dan DPRD Kota Jayapura.

“Penyemprotan disinfektan ini, sudah kami lakukan memasuki hari ke 10 sejak 23 Maret 2020,” kata Calvin Mansnembra, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Papua.

Selain penyemprotan disinfektan, kata Calvin Mansnembra, pihaknya juga membagikan masker, hanya saja dalam jumlah terbatas karena memang masker langka.

Tidak hanya itu, pengurus bersama kader PDI Perjuangan Papua ini, juga membagikan brosur upaya pencegahan virus Corona atau Covid-19.

“Ya, ini bagian dari sosialisasi, bagaimana mereka melakukan pegendalian diri, menjaga diri agar tidak tertular. Sebaiknya, tinggal di rumah saja, tidak keluar rumah kecuali mendesak. Juga rajin cuci tangan dengan sabun,” ujarnya.

Dalam penyemprotan disinfektan ini, pihaknya mengerahkan 13 alat penyemprot disinfektan dari 18 alat penyemprot yang dimiliki DPD PDI Perjuangan Papua. Setiap hari, dalam penyemprotan disinfektan itu, bisa menghabiskan 300 liter disinfektan dengan melibatkan 40 orang personel.

“Hari senin masih kami lanjutkan penyemprotan disinfektan di Kota Jayapura. Mungkin hari Selasa atau Rabu kami akan lanjutkan penyemprotan disinfektan di Sentani, Kabupaten Jayapura bersama DPC,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II DPR Papua, Edoardus Kaize yang juga mantan Ketua DPD PDI Perjuangan Papua menambahkan, jika pihaknya bersama anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR Papua memberikan dukungan kepada DPD dan DPC PDI Perjuangan di seluruh Papua bersama-sama melakukan upaya pencegahan dan memerangi virus Corona atau Covid-19.

“Ini yang bisa kita lakukan. Kita bukan orang kesehatan yang bisa mengobati, tapi kita hanya bisa melakukan penyemprotan disinfektan bersama teman-teman dari partai di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

Terkait masih banyaknya masyarakat berkeliaran di masa pembatasan social ini, Edo Kaize, sapaan akrabnya, mengimbau masyarakat mengikuti apa yang disampaikan oleh pemerintah. Sebab, pemerintah tahu dampak penyebaran virus Corona ini.

Apalagi, keadaan Papua saat ini keterbatasan tenaga, keterbatasan alat pelindung diri (APD) dan obat untuk menanggulangi virus Corona ini, sehingga pemerintah menganjurkan untuk tinggal di rumah.

“Sebaiknya masyarakat tinggal di rumah. Jaga diri dan jaga jarak sehingga virus ini tidak menyebar kemana-mana apalagi kita tidak tahu ada yang positif Corona, maka akan celaka. Maka, kita semua tinggal di rumah, jika rasa sakit, tolong cepat periksakan diri ke tempat pelayanan kesehatan terdekat,” imbuhhya. (bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *