Ciptakan Ketahanan Pangan, Anggota DPR Papua Ini Ajak Warga Tolikara Berkebun

  • Whatsapp
Anggota Komisi II DPR Papua, Hosea Genongga, SSos bersama masyarakat dalam pembukaan kebun Covid-19 di Arso 8, Keerom.

KEEROM, Papuaterkini.com  – Anggota DPR Papua, Hosea Genongga, SSos mengajak masyarakat Tolikara yang ada di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom untuk kembali berkebun.

Apalagi, hal ini untuk mengantisipasi persediaan dan ketahanan pangan ditengah menghadapi pandemi virus Corona atau Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhirnya.

“Ya, saya mengajak masyarakat Tolikara di Jayapura dan Keerom untuk kembali berkebun,” kata Hosea Genongga di sela-sela acara pembukaan lahan kebun di Arso 8, Kabupaten Keerom, 30 Juni 2020.

Menurutnya, dengan membuka kebun dan penanaman tanaman lokal seperti ubi-ubian, jagung dan lainnya, termasuk sayur mayur, tentu akan menambah persediaan pangan bagi masyarakat sendiri, tidak terus tergantung dengan beras.

“Ini akan menjadi penghasilan tambahan bagi keluarga jika hasil kebun itu telah dipanen, karena kebutuhan dan permintaan sayur mayur juga sangat tinggi,” ujarnya.

Hosea Genongga juga mengapresiasi dan mendukung langkah Bupati Tolikara, Usman Wanimbo yang telah bersama-sama masyarakat membuka Kebun Covid-19 di Arso 8, Kabupaten Keerom.

Hosea Genongga yang juga Anggota Komisi II DPR Papua membidangi perekonomian ini berharap agar masyarakat bisa memaksimalkan pembukaan kebun tersebut dengan menanam berbagai jenis tanaman, sayur – mayur dan lainnya, sehingga dapat menopang ekonomi keluarga ditengah pandemi Covid-19.

“Banyak potensi yang bisa dikerjakan oleh masyarakat di sector perkebunan ini. Bukan hanya tananam pangan lokal saja, tapi sayur mayur dan tanaman yang mempunyai nilai ekonomi tinggi bisa dikembangkan oleh masyarakat,” imbuhnya.

Dalam kegiatan pembukaan Kebun Covid-19 di Arso 8, Kabupaten Keerom ini, diawali dengan kegiatan bakar batu yang melibatkan ratusan masyarakat Tolikara. (bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *