Covid-19 Membuat Daya Beli Masyarakat Turun

  • Whatsapp
Suasana hearing Komisi II DPR Papua bersama pedagang di Pasar Lama Sentani.

SENTANI, Papuaterkini.com – Akibat pandemi virus Corona atau Covid-19 berdampak terhadap perekonomian terutama menurunnya daya beli masyarakat.

Bacaan Lainnya

Hal ini terungkap dalam Hearing Dialog Komisi II DPR Papua bersama dengan masyarakat pedagang di Pasar Lama Sentani, Kabupaten Jayapura, 15 Juni 2020.

“Aktivitas pedagang menjadi sulit karena daya beli masyarakat yang rendah selama masa pandemi Covid-19. Bahkan, pedagang mengeluhkan jika hasil penjualan setiap hari tidak cukup untuk menunjang kehidupan sehari-hari,” kata Ketua Komisi II DPR Papua, Mega MF Nikijuluw, SH usai hearing dialog.

Hearing dialog ini dipimpin Ketua Komisi II DPR Papua, Mega MF Nikijuluw, SH didampingi Wakil Ketua Komisi II, Nikius Bugiangge bersama anggota komisi, Mustakim HR, Darwis Massi

Salah seorang pedagang, Aliyani mengungkapkan, selama pandemi Covid-19, masih banyak masyarakat di daerah itu yang belum mendapatkan bantuan bahan makanan (bama).

“Untuk itu,  perhatian Komisi II DPR Papua sangat mendukung dan membantu kami,” ujar Aliyani.

Aliyani yang juga koordinator Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM)  di Pasar Lama ini, melayani masyarakat yang belajar membaca bagi yang buta huruf dan didirikan PAUD bagi anak-anak di sekitar Pasar Lama.

“PKBM ini menampung anak-anak yang ingin belajar menjahit, komputer dan baca tulis,” ujarnya.

Muhammad Zainuddin, pedagang lainnya menyampaikan jika kehidupan masyarakat di pinggiran Kota Sentani sangat memprehatinkan, karena tidak punya kemampuan untuk bersekolah, sehingga PKBM itu bisa menampung mereka.

“Kami mohon perhatian pemerintah dibangun yayasan kaum duafa, sehingga dapat menolong orang tidak mampu,” imbuhnya.

Salah seorang pedagang di Pasar Lama Sentani, Jayapura menyampaikan aspirasi terkait aktivitas mereka terganggu selama pandemi Covid-19.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi II DPR Papua, Darwis Massi  bersyukur ada PKBM sehingga dapat menolong warga di Pasar Lama Sentani.

“Kami akan usahakan untuk bekerjasama dengan komisi terkait sehingga dapat membantu pendirian yayasan untuk masyarakat tidak mampu,” ujarnya.

Senada Anggota Komisi II DPR Papua, Mustakim HR jika pihaknya akan berusaha untuk membangun sinergi dengan komisi terkait di DPR Papua sehingga dapat menolong kaum duafa yang ada di sini.

Dalam kesempatan ini, Komisi II DPR Papua memberikan bantuan berupa bahan makanan kepada warga pedagang di Pasar Lama Sentani tersebut. (bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *