Dinas Kominfo Harus Disupport Anggaran Gaungkan PON Papua

  • Whatsapp
Wakil Ketua Komisi IV DPR Papua, Thomas Sondegau, ST.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi Papua harus disupport dengan anggaran yang cukup dalam upaya untuk menggaungkap event akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang semula akan digelar tahun 2020, namun diundur tahun 2021.

Namun, dalam refocusing anggaran menghadapi pandemi virus Corona atau Covid-19, Dinas Kominfo Provinsi Papua terpangkas anggarannya pada tahun 2020 ini mencapai Rp 22 miliar dari sebelumnya Rp 49 miliar lebih, sehingga tinggal mengelola anggaran Rp 27 miliar.

“Laporan yang kami terima dari Dinas Kominfo, dana mereka senilai Rp 49 miliar pada tahun 2020, namun karena refocusing anggaran, dana mereka itu dipotong juga sebesar Rp 22 miliar., sehingga sisa dana mereka tinggal sekitar Rp 27 miliar,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPR Papua, Thomas Sondegau, ST usai memimpin Rapat Bersama Dinas Kominfo di Swiss-Belhotel Papua.

Thomas Sondegau menilai pemangkasan anggaran itu terlalu besar, padahal padahal kebutuhan dari dinas ini sangat banyak. Salah satunya  yakni untuk menunjang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX di Bumi Cenderawasih, yang pelaksanaannya sudah digeser pada tahun 2021.

“Dana yang dipotong terlalu besar, kenapa harus begitu, padahal mereka harus mengakses data. Selain itu, juga menyuarakan atau mempromosi PON ini bukan saja di Papua, tapi  juga diluar Papua,” ujar Thomas Sondegau.

Apalagi, lanjut Thomas Sondegau, suksesnya PON bukan saja ada di PB PON atau KONI, akan tetapi gaungnya PON ini juga ada di Dinas Kominfo ini.

Untuk itu, pihaknya Komisi IV DPR Papua akan mendorong dan memperjuangkan agar anggaran tersebut bisa dikembalikan ke Dinas Kominfo Papua dalam pembahasan APBD Perubahan nanti.

Sekadar diketahui, Komisi IV DPR Papua melakukan tatap muka dengan Dinas Kominfo (Diskominfo) Provinsi Papua termasuk membahas refocusing anggaran yang ada Diskominfo itu sendiri.

Sebelumnya, Komisi IV DPR Papua bidang Infrastruktur melakukan tatap muka dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Perhubungan Provinsi Papua untuk membahas soal refocusing anggaran di dua dinas tersebut. (bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *