DPK Kota Jayapura, Serahkan Bantuan Mesin Giling Pelet ke Poktan “Sumber Jaya Abadi” Muara Tami

Peralatan mesin pencetak pelet saat diuji coba pengoperasionalannya oleh teknisi bersama anggota Poktan (foto-Hazir)

 

JAYAPURA,papuaterkini.com-Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Kota Jayapura berkomitmen mendorong kemajuan kelompok perikanan yang ada di Koya Distrik Muara Tami, dengan menyerahkan bantuan peralatan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan berupa mesin giling pencetak pelet.

Bacaan Lainnya

Pembangunan nasional sektor kelautan dan perikanan merupakan proses yang bertujuan untuk memperkuat posisi pelaku utama dan keluarganya serta pelaku usaha di semua sektor sesuai dengan usahanya, agar lebih baik, lebih menguntungkan, lebih sejahtera, mandiri, terampil, dinamis, efisien dan professional, serta berdaya guna dengan tetap memperhatikan lingkungan yang terpelihara dan lestari.

Pelaku Utama Perikanan ditempatkan bukan sebagai obyek melainkan sebagai subyek yang menetapkan tujuan, mengendalikan sumberdaya, dan mengarahkan proses yang mempengaruhi kehidupannya, sehingga diharapkan pelaku utama bisa menjadi tonggak terbentuknya kelembagaan pelaku utama perikanan sebagai organisasi yang kuat dan mandiri dalam mencapai tujuan bersama dari anggotanya.

“Kami dari Dinas Perikanan Dan Kelautan Kota Jayapura menyerahkan peralatan untuk mencetak pelet ini bertujuan pada peningkatan produktifitas hasil perikanan ” ujar ibu Naima dalam kunjungan kerjanya di Kelompok Perikanan di Koya Timur,  Selasa (24/3).

Foto bersama Kelompok Perikanan “Sumber Jaya Abadi” Muara Tami bersama Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Jayapura

Naima menambahkan dengan bantuan ini diharapkan para pelaku usaha perikanan dapat mandiri dalam menyediaan pakan ikan, 1 unit alat pencetak pelet dalam sehari bisa mencetak kurang lebih 3 ton.

Ketua Kelompok Perikanan “Sumber Jaya Abadi” Budi Wicaksono mengatakan dengan bantuan tersebut dirinya bersama anggotanya dapat mandiri dan sejahtera.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan peralatan dari kementerian kelautan dan perikanan yang difasilitasi oleh ibu naima dari dinas kota jayapura. Dimana dengan bantuan peralatan ini sangat bermanfaat bagi kami para pengelola perikanan tambak sehingga memperoleh hasil panen yang maksimal”, kata Budi Wicaksana.

Sementara dalam mengoprasikan peralatan peralatan tersebut, datang pula tehnisi dari Jakarta untuk memastikan barang sampai ditempat dan memberi pelajaran praktek singkat terhadap penggunaan peralatan  tersebut.

“Iya, kami dari perusahaan penyedia barang memastikan dan memberi penjelasan terkait dengan penggunaan peralatan ini agar dapat digunakan sebagaimana mestinya”, kata wawan.

Semoga masyarakat Kota Jayapura dengan tinggat konsumsi ikan yang tinggi, dengan mulai adanya pemberdayaan dan sarana prasarana penunjang para pengusaha pengelola ikan dapat terpenuhi kebutuhannya. Dan pada akhirnya tinggat kesejahterhaan kelompok perikanan masyarakat dapat terwujud.(hazir)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.