DPR Papua: Para Ondoafi Sepakat Beri Nama Jembatan Youtefa

  • Whatsapp
Ketua Bapemperda DPR Papua, Ignasius W Mimin didampingi Anggota Bapemperda, Tan Wie Long.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPR Papua, Ignasius W Mimin menegaskan jika tidak ada pergantian nama jembatan Hamadi – Holtekamp yang telah diberi nama sebagai Jembatan Youtefa.

Pernyataan tegas itu disampaikan Ignasius Mimin menanggapi pernyataan Wali Kota Jayapura, Dr Benhur Tomi Mano, MM pada acara pembukaan Festival Humbold ke 11, Senin, 5 Agustus 2019.

Ignasius Mimin yang juga Ketua Fraksi Golkar DPR Papua ini, menjelaskan, jika mengenai nama jembatan yang menghubungkan pantai Hamadi, Jayapura Selatan dan Holtekamp, Muaratami itu, Bapemperda DPR Papua telah sepakat memberikan nama Jembatan Youtefa, tidak ada penambahan nama apapun.

“Jadi, Bapemperda DPR Papua telah sepakat untuk memberi nama Jembatan Youtefa,” tegas Ignasius Mimin di sela-sela Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Daerah Provinsi dan Rancangan Peraturan Daerah Khusus (Raperdasi/Raperdasus) di Jayapura, Selasa, 6 Agustus 2019.

Bahkan, lanjut Ignasius Mimin, Bapemperda DPR Papua telah mengundang pihak Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Port Numbay dan Pemerintah Kota Jayapura untuk melakukan rapta bersama membahas mengenai pemberian nama Jembatan Hamadi – Holtekamp itu.

“Dalam pembahasan itu, semua telah sepakat diberi nama Jembatan Youtefa. Setelah disetujui, kami sudah masukan dalam rancangan peraturan daerah provinsi untuk dibahas,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua LMA Port Numbay, George Awi menambakan jika para Ondoafi dan Wali Kota Jayapura sudah duduk bersama dan bicara pemberian nama jembatan Hamadi – Holtekamp itu.

“Bahkan, itu telah disepakati jembatan itu diberinama Jembatan Youtefa,” kata George Awi.

Menurutnya, keberadaan Teluk Youtefa ini sudah ada dari jaman belanda dan telah menjadi brand atau icon untuk Kota Jayapura.

Selain itu, lanjutnya, jembatan itu ada di Teluk Youtefa, sehingga dengan pertimbangan itu, para Ondoafi sepakat memberi nama Jembatan Youtefa.

“Kami berharap Gubernur dan DPR Papua melihat hal ini secara baik dan jangan menghilangkan kearifan lokal, sehingga kami minta jembatan tersebut diberikan nama Jembatan Youtefa,” tandasnya.

Di singung mengenai arti dari nama Youtefa, George Awi menjelaskan, jika Youtefa sendiri terdiri dari dua suku kata ‘You’ yang berarti kampung, sedangkan ‘Tefa’adalah pergi.

“Jadi, Youtefa artinya adalah Pergi ke Kampung,” pungkasnya. (bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *