Dua Nama Cawagub Pilihan Gubernur Harus Didukung

  • Whatsapp
Ketua Solidaritas Pemuda Wilayah Laapago, Asri Gombo.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Solidaritas Pemuda Wilayah Laapago mendukung dua nama Calon Wakil Gubernur Papua, Yunus Wonda dan Kenius Kogoya yang telah dipilih oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Ketua Solidaritas Pemuda Wilayah Laapago, Asri Gombo mengatakan, dengan adanya kekosongan jabatan Wagub Papua saat Ini, rakyat Papua sedang menantikan sosok seorang figur yang layak mendampingi Gubenur Papua, Lukas Enembe.

Menurutnya, nama – nama yang sudah mencuat di publik diusung dari Partai Koalisi LUKMEN JILID II sudah menjadi bahan konsumsi publik seluruh masyarakat Papua.

“Dari keenam nama itu, menjadi dua nama diantaranya Yunus Wonda Dan Kenius Kogoya yang menjadi keputusan Gubernur Papua untuk diserahkan ke DPR Papua guna menindaklanjuti dan melaksanakan tahapan pemilihan sesuai mekanisme atau perundang-udangan yang berlaku,” katanya, Rabu, 11 Agustus 2021.

Namun, ujar Asri Gombo, setelah dua nama tersebut dinyatakan lolos dalam tahapan selanjutnya untuk dipilih oleh DPR Papua sebagai Calon Wakil Gubernur Papua, banyak pihak yang merasa tidak terima dan dirugikan dari berbagai sudut pandang dan argumentasi politiknya.

Ia menilai hal itu sah – sah saja dan bagian dari dinamika politik zaman demokrasi saat ini untuk memilih dan terpilih sebagai kepala daerah di seluruh Indonesia sebagai Negara demokrasi.

Namun demikian, lanjut Asri Gombo, seluruh rakyat Papua perlu tahu bahwa sisa masa jabatan ini ibarat dua minggu dalam dua tahun mendampingi Gubernur Papua untuk memimpin Provinsi Papua.

Untuk itu, Solidaritas Pemuda Wilayah Laapago meminta kepada Partai Koalisi LUKMEN Jilid II harus dengan sikap gentlemen dan kooperatif dalam mendukung keputusan Gubernur Papua atas mengusulkan nama-nama yang layak dan sesuai mendampingi beliau dalam sisa masa jabatan ini.

“Semua pemangku kepentingan politik Papua saat ini untuk menghargai keputusan Bapak Gubernur Papua sebagai kepala daerah yang diangkat langsung oleh seluruh Rakyat Papua melalui pesta demokrasi pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Provinsi Papua,” ujarnya.

Solidaritas Pemuda Wilayah Laapago juga meminta seluruh Rakyat Papua untuk mendukung penuh atas putusan nama-nama Calon Wakil Gubernur oleh Gubernur Papua sebagai kepala daerah di Provinsi Papua.

“Kami atas nama Solidaritas Pemuda Wilayah Laapago sangat memprihatinkan dengan kondisi kesehatan Bapak Gubernur Papua saat ini, maka dengan tegas kami menyatakan sikap bahwa pihak – pihak yang berambisi untuk maju mengisi kekosongan jabatan Wakil Gubernur Papua saat ini bisa bersabar dan mengumpulkan segala energy untuk maju dalam pencalonan Gubernur Papua tahun 2024,” tandasnya.

Apalagi, imbuhnya, Gubernur Papua saat ini dalam keadaan pemulihan dari kesehatan yang semakin tidak kondusif, sehingga membutuhkan ketenangan bahkan konsentrasi dari berbagai persoalan di tanah Papua, sehingga semua pihak yang berpolitik saat ini untuk mendukung kandidatnya sebagai Cawagub Papua harus berfikir bijak dan professional untuk menghadapai situasi ini.

“Pernyataan sikap ini kami sampaikan kepada Ketua Tim Koalisi untuk menjadi pertimbangan dan proaktif untuk mendukung Keputusan Gubernur Papua dalam memilih Calon Wakil Gubernur Papua saat ini,” imbuhnya. (bat)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *