Empat Paslon Bupati Mamberamo Raya Sepakat Kampanye Damai

  • Whatsapp
Komisioner KPU Papua selaku KPU Mamberamo Raya, Fransiskus A Letsoin bersama Diana Simbiak dan komisioner Bawaslu Mamberamo Raya dan empat paslon Bupati Mamberamo Raya membacakan Deklarasi Kampanye Damai.

KASONAWEJA, Papua terkini.com – Empat pasangan calon Bupati Mamberamo Raya sepakat untuk melakukan kampanye damai dalam Pilkada Serentak 2020 di Tanah Seribu Misteri Sejuta Harapan, julukan Kabupaten Mamberamo Raya.

Kesepakatan itu, diwujudkan dalam penandatangan Deklarasi Kampanye Damai dalam Pilkada Bupati Kabupaten Mamberamo Raya tahun 2020 oleh Komisioner KPU Papua selaku KPU Mamberamo Raya, Fransiskus A Letsoin dan Diana Simbiak.

Bacaan Lainnya

Selain itu, ditandatangani Paslon Nomor Urut 1, Dorinus Dasinapa – Andi May, Paslon Nomor Urut 2, Robby W Rumansara – Lukas Jantje Puny, Paslon Nomor Urut 3 hanya dihadiri Calon Wakil Bupati, Yonas Tasti dan Paslon Nomor Urut 4, Jhon Tabo – Ever Mudumi.

Juga ditandatangani Kapolres Mamberamo Raya, AKBP Hotman Hutabarat, Pabung Kodim 1702/Sarmi, Kapten Inf Achmad, Asisten II Sekda Mamberamo Raya, Sukarno bersama tokoh agama, tokoh adat, tokoh perempuan dan tokoh pemuda.

Deklarasi kampanye damai itu, sempat dibacakan komisioner KPU Papua bersama keempat paslon bupati dimana ada enam butir deklarasi kampanye damai, diantaranya, pertama, Siap menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Kedua, Siap melaksanakan kampanye pemiluha bupati dan wakil bupati Mamberamo Raya tahun 2020 yang damai, demokrasi dan mengedukasi dalam rangka mewujudkan Pemiliha yang langsung, umum bebas dan rahasia.

Ketiga, siap melaksanakan kampanye sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Keempat, siap melaksanakan kampanye tahun 2020 tanpa hoax, politik SARA dan politik uang.

Kelima, siap menerima kemenangan dan kekalahan dalam Pilkada Mamberamo Raya 2020 dan Keenam, tunduk dan patuh dalam perundang-undangan dan peraturan yang berlaku.

Plh Ketua KPU Papua, Fransiskus A Letsoin selaku Ketua KPU Mamberamo Raya mengatakan, kampanye akan dilakukan 26 September – 5 Desember 2020.

“Kami berharap kepada semua paslon agar dapat mengikuti kampanye ini dengan penuh rasa tanggungjawab, sesuai regulasi, peraturan yang ada dan memperhatikan protokol Covid-19 yang sedang terjadi di wilayah kita,” katanya.

Fransiskus Letsoin meminta dukungan semua pihak terutama aparat TNI – Polri, pemerintah daerah dan semua lapisan masyarakat agar proses kampanye berjalan dengan baik, aman dan damai serta menghasilkan pemimpin yang ada di Mamberamo Raya.

Ketua Bawaslu Mamberamo Raya, Cornelia Mamoribo mengatakan, kampanye merupakan bagian dari pendidikan politik yang dilaksanakan secara bertanggungjawab yang ditujukan oleh paslon untuk menawarkan visi – misi dan program serta cita diri.

Dikatakan, dalam rangka menciptakan pilkada yang aman dan damai, maka unsur terpenting adalah partisipasi dari seluruh masyarakat Kabupaten Mamberamo Raya, dari air menetes sampai ombak pecah dan dari Yoke sampai Nadofoai.

“Kampanye ini dilaksanakan ada aturan yang harus ditaati begitu ketat. Kami berharap 1 kandidat dengan kandidat yang lain, menjadi penyejuk dalam kampanye ini. Ini jadi tanggungjawab paslon dan tim, sehingga tak terjadi gesekan yang tak diinginkan,” tandasnya.

Mewakili Plt Bupati Mamberamo Raya, Yakobus Britai, SIP, Asisten I Sekda Mamberamo Raya, Sukarno menyampaikan selamat kepada keempat paslon bupati Mamberamo Raya yang telah ditetapkan dalam Pilkada serentak 2020.

“Pilkada sebagai salah satu bentuk pelaksanaan pesta demokrasi, merupakan satu ajang memilih pemimpin lima tahun ke depan. Karena ini, merupakan sebuah pesta, tentu harus dilakukan dengan suasana hati yang gembira dan suka cita,” katanya.

Sukarno berharap dalam Pilkada ini, tidak ada hambatan yang mengganggu dalam pesta demokrasi itu. “Terkait deklarasi kampanye damai, kami pemda sangat berharap semua tahapan yang akan dilaksanakan dapat berlangsung aman, damai dan tidak akan muncul persoalan yang justru mengganggu pelaksanaan pesta demokrasi ini,” imbuhnya.

Kapolres Mamberamo Raya AKBP Hotman Hutabarat mengapresiasi semua pihak yang membantu suksesnya pelaksanaan Pilkada hingga saat ini berlangsung aman dan damai.

“Mari kita buat situasi aman, sejuk dan sehat,” katanya.

Kapolres Hotmen Hutabarat mengajak empat paslon dan tim untuk patuhi protokol kesehatan agar terhindar dari virus Corona atau Covid-19.(bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *