Fraksi Golkar: Sektor Ekonomi Ditengah Pandemi Covid-19 Harus Diperhatikan

  • Whatsapp
Sekretaris Fraksi Golkar DPR Papua, Tan Wie Long, SH bersama masyarakat usai memberikan bantuan bama di halaman DPD Golkar Papua.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Fraksi Golkar DPR Papua menyarankan Pemerintah Provinsi Papua untuk memberikan perhatian di sektor perekonomian ditengah pandemic virus Corona atau Covid-19.

Sebab, pelaku usaha ekonomi baik Usaha Kecil Menengah (UKM) maupun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Papua terdampak akibat pandemic Covid-19.

Sekretaris Fraksi Golkar DPR Papua, Tan Wie Long mengatakan, jika makin terasa menakutkan dalam kehidupan dan perekonomian dalam negeri, terutama dari sisi konsumsi, korporasi, sektor keuangan, dan usaha rakyat Usaha Mikro Kecil (UMK).

Apalagi, berdasarkan kajian Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Covid-19 menimbulkan ancaman kehilangan pendapatan rumah tangga, tidak dapat bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup.

“Untuk korporasi, pelemahan perekonomian akibat Covid-19 membuat aktifitas sektor manufaktur, perdagangan, transportasi dan akomodasi seperti restoran dan perhotelan merupakan yang paling rentan, sehingga, terjadi gangguan aktifitas bisnis yang akan menurunkan kinerja, pemutusan hubungan kerja dan bahkan mengalami ancaman kebangkrutan,” kata Tan Wie Long di sela-sela bersama Kader Golkar Provinsi Papua di Kota Jayapura, baru-baru ini.

Menurutnya, Covid-19 terasa luar biasa disegala aspek. Menjungkir balikan kehidupan normal. Dampak pandemi Covid-19 terhadap pertumbuhan usaha mikro kecil. Ditilik dari ekonomi usaha rakyat terutama UMK (Usaha Mikro Kecil) saat ini turun drastis pendapatannya. Padahal, dalam krisis moneter tahun 1998, justru sektor UMK merupakan usaha rakyat yang biasanya tahan banting.

“Kali ini, UMKM justru menjadi sektor yang paling rentan terhadap krisis ekonomi karena Covid-19. Oleh karena itu Fraksi Golkar DPR Papua terus bersama masyarakat untuk bahu membahu memberikan support dan dorongan kepada masyarakat agar kita semua dapat melalui keadaan ini bersama untuk masa depan yang jauh lebih baik,” imbuhnya didampingi Anggota Fraksi Golkar, Danton Giban, SPd, MM.

Dalam kegiatan dengan maksud menyiapkan kader dan pengurus Golkar dalam menghadapi dinamika politik yang terus bergerak secara dinamis pusat maupun daerah ini, Sekretaris Fraksi Golkar DPR Papua memberikan bantuan bahan makanan (bama) kepada masyarakat. (bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *