JAYAPURA, Papuaterkini.com – Untuk memenuhi kebutuhan uang menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, PT Bank Pembangunan Daerah Papua atau Bank Papua menyiapkan uang sebesar  Rp 4,5 triliun.

Hal itu disampaikan Direktur Keuangan  Bank Papua, Rudhy Dharma, baru-baru ini.

“Dari Rp 4,5 triliun untuk kebutuhan uang di wilayah Provinsi Papua sebesar Rp 3,724 triliun dan di wilayah Provinsi Papua Barat sebesar Rp798 miliar,” katanya.

Diakuinya, kebutuhan uang sudah disiapkan jauh-jauh hari. Dan jika dibandingkan kebutuhan uang tahun lalu, ia memprediksikan akan ada peningkatan 80 persen.

“Peningkatan ini terjadi untuk persiapan untuk membayar dana desa, dana Otonomi Khusus, gaji ASN dan menghadapi natal dan tahun baru pada dua provinsi di Bumi Cenderawasih,” jelasnya. 

Dikatakan, permitaan uang tunai tahun ini dan tahun lalu, tidak berbeda jauh. Tahun lalu mencapai Rp 900 miliar untuk Papua dan Rp 300 miliar untuk Papua Barat.

Menghadapi momen itu, Bank Papua juga akan meningkat pelayanan, baik di kas, titipan, kas cabang utama, serta Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

“Bank Papua juga bekerjasama dengan Bank Indonesia yang mempunyai lima kas titipan yaitu Kantor Cabang Wamena, Merauke, Nabire, Bintuni dan Fakfak,” imbuhnya. (nng/bat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here