Hadapi PORKAB II, Mathius Awoitauw Lantik Pengurus 12 Cabor

Ketua KONI Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw menandatangani berita acara pelantikan Pengurus Kabupaten 12 Cabor.

Ketua Umum KONI yang juga Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., ketika melantik pengurus kabupaten 12 cabang olahraga, di Stadion Barnabas Youwe, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin 16 Mei 2022

SENTANI, Papuaterkini.com  – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw, SE, MSi, AIFO, melantik pengurus 12 cabang olahraga (Cabor) yang berada di bawah naungan KONI Kabupaten Jayapura di Stadion barnabas Youe, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin, 16 Mei 2022, sore.

Ke 12 cabor itu, diantaranya pengurus cabor Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI), Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI), Persatuan Shorinji Kempo Indonesia (PERKEMI), POBSI, TI, PBSI, PBFI, FORKI, PTMSI, PSTI, ISSI dan PERTINA.

Pelantikan pengurus 12 cabor itu, untuk persiapan menghadapi Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) II Kabupaten Jayapura tahun 2022.

Ketua KONI Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw dalam sambutannya mengatakan, jika KONI Provinsi Papua telah memberi rekomendasi kepada KONI Kabupaten Jayapura untuk melakukan pelantikan pengurus 12 Cabor ini.

“Acara ini kenapa kami lakukan serentak? Karena kami sedang mengahadapi PORKAB yang akan berlangsung dalam waktu dekat, sehingga salah satu persyaratan bahwa cabor-cabor sebagai peserta itu wajib hukumnya secara resmi sudah memiliki Surat Keputusan (SK) dari masing-masing pengurus cabor,” kata Mathius Awoitauw.

Menurut Bupati Jayapura ini, KONI akan terus menggelorakan semangat olahraga di Kabupaten Jayapura, sebagaimana tekad Gubernur Papua yang akan menjadikan Papua sebagai Provinsi Olahraga. Karena itu, semua cabor di kabupaten/kota akan terus digalang dalam semangat itu.

Lebih lanjut, momen PORKAB yang akan digelar itu, menjadi spirit dan mewarnai proses yang akan dilalui nanti, sekaligus jugamempersiapkan diri untuk PORPROV Papua, tapi juga PON XXI yang akan datang di Aceh dan Sumatera Utara.

Untuk itu, kata Awoitauw, dalam rangka mencapai prestasi terbaik tidak bisa dalam waktu singkat atau dengan kerja-kerja secara instan. Misalnya, dengan mendatangkan atlet dari luar. Kalau bisa ke depan tidak lagi seperti itu, karena ada atlet-atlet lokal yang bisa berjuang untuk itu.

“Untuk mempersiapkan itu perlu waktu, semangat PON sukses luar biasa. Karena itu kita harus pertahankan, kita terus menyalakan spirit itu dan mempersiapkan atlet-atlet muda terbaik untuk masa depan olahraga di Papua,” tuturnya.

Ditambahkan, PORKAB akan diselenggarakan lebih terencana dan dipersiapkan untuk atlet-atlet usia muda di Kabupaten Jayapura dengan mengedepankan pendekatan sport sains. Untuk itu, berbagai pihak terlebih dari akademisi untuk terlibat dalam pengembangan olahraga di Bumi Khenambay Umbay.

Total dari 40 Pengkab Cabang Olahraga di Kabupaten Jayapura, saat ini tersisa 2 Pengkab Cabor yang belum dilantik yaitu, sepakbola dan dayung. Karena masih harus melengkapi beberapa kelengkapan. (irf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.