Heli PK-USS Jatuh di Paniai, 3 Penumpang Selamat

  • Whatsapp

Foto pantauan udara oleh tim pencarian gabungan. (Humas Polda Papua)

 

Bacaan Lainnya

JAYAPURA, papuaterkini.com – Helikopter PK-USS milik PT. National Ultility Helicopter (NUH) yang dilaporkan hilang kontak pada Kamis (17/9) kemarin, ditemukan di tepian Kali Baya Biru Kabupaten Paniai, Papua. Heli ditemukan di ketinggian 4700 meter di atas permukaan air laut.

Tim pencarian gabungan menemukan dua kapten serta seorang crew heli PK-USS dalam kondisi selamat, Jumat (18/9) pagi. Mereka yakni Capt. Nawalaga, Capt. Erik Kurniawan, dan M. Aswar Jamal (crew).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, ditemukannya posisi helikopter PK-USS setelah tim gabungan yang terdiri dari Basarnas, polisi dan TNI melakukan pencarian menggunakan helikopter dari Bandara Enarotali, pukul 08.27 WIT.

“Ketika tim gabungan melakukaan pemetaan lokasi yang diduga rute heli PK-USS, mereka melihat crew memberikan tanda-tanda permintaan pertolongan dengan menggunakan lambaian menggunakan kain merah,” kata Kamal kepada wartawan di Jayapura, Jumat (28/9) sore.

Berdasarkan hasil pantauan tim dari udara, ditemukan Hely PK-USS pada coordinat S 03° 34.220′ dan E 136° 09.623′ mendarat darurat di cekungan aliran sungai, dengan posisi heli terbalik ke samping akibat tumpuan tanah miring.

Kemudian, kata Kamal, tim kembali ke Enarotali untuk melaporkan hasil temuannya. Selanjutnya, melakukan upaya evakuasi para korban yang diduga masih selamat.

“Saat ini tim yang dibagi menjadi dua baik dari Nabire maupun dari Enarotali telah berangkat menuju titik lokasi penemuan jatuhnya heli PK USS milik PT. NUH,” ujar Kamal.

Untuk diketahui, heli PK-USS milik PT.NUH terbang dari Nabire dengan tujuan Kampung Ndeotadi Kabupaten Paniai dengan membawa bahan makanan, pada pukul 10.30 WIT, Kamis 17 September 2020. Jarak tempuh antar dua lokasi ini kurang lebih 1 jam.

Namun, heli tersebut dilaporkan hilang kontak pada pukul 10.57 WIT, dengan posisi terakhir di koordinat 3:33.3 S,136:9.28 E at last report.

Selanjutnya, tim gabungan Basarnas, TNI dan polisi serta pihak heli melakukan pencarian dengan menggunakan pesawat Caravan SNK Tipe C 208 di titik koordinat, pada pukul 15.35 WIT.

Upaya pencarian terus dilakukan sekitar setengah jam dengan berputar di sekitar lokasi terakhir hilang kontak. Namun, pencarian pun dihentikan karena cuaca yang tidak bersahabat.

“Awan tebal menyelimuti daerah tebing dan hari mulai gelap sehingga pencarian dihentikan,” kata Kamal.

Hingga berita ini diturunkan, tim gabungan masih melakukan upaya evakuasi tiga awak heli PK-USS. (Paul)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *