Heri Suprayitno: Maulid Nabi, Momentum Meneladani Rasulullah

  • Whatsapp
Ketua DPD PKS Kota Jayapura, Heri Suprayitno ketika memberikan sambutan pada acara Maulid Nabi Muhammad SAW, kemarin.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Sudah menjadi hal yang lumrah peringatan Maulid Nabi atau kelahiran Rasulullah SAW dilaksanakan secara suka cita oleh masyarakat muslim Indonesia, tidak terkecuali mereka yang berada di Kota Jayapura, Papua.

Namun, kali ini suasananya agak sedikit berbeda, pasalnya pandemic Covid-19 masih menjadi ancaman, khususnya di Indonesia. Meski demikian, tak menghalangi DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Jayapura dan para simpatisan untuk menunda momentum baik ini.

Berlatar belakang dari engagement masyarakat yang tinggi dalam aktivitas tatap muka pasca PON, PKS Kota Jayapura akhirnya memutuskan salah satu momentum pembangunan umat ini perlu dilaksanakan di luar jaringan atau virtual setelah tahun segala aktivitas  dilaksanakan di dalam jaringan. Walaupun demikian, para tamu undangan kegiatan Maulid nabi harus menerapkan 3M.

Kegiatan Maulid Nabi 1443H/ 2021 dilaksanakan di kediaman Bapak Haedar, selaku Ketua DPC PKS area Jayapura Selatan, Sabtu, 24 Oktober 2021.

Kegiatan yang dikawal oleh PKS ini bukanlah sekedar perayaan biasa, tetapi sebagai sarana silaturrahim dan berbagi inspirasi mengenai momen kelahiran Rasulullah SAW.

Dalam Sambutannya Ketua DPD PKS Kota Jayapura, Heri Suprayitno menyampaikan beberapa poin mengenai hari kelahiran Rasulullah SAW, diantaranya, pertama menjaga keoptimisan di tengah Pandemic Covid-19.

Dikatakan, dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun, wabah Covid-19 menjadi ancaman buruk baik bagi msyarakat dunia, terutama di Indonesia. Walapaun trend saat ini menunjukkan penurunan jumlah kematian dan semakin naiknya angka kesembuhan, masyarakat Indonesia diimbau untuk selalu waspada.  Dalam kondisi serba terbatas saat ini, Rasulullah sudah sejak lama mencontohkan bagaimana mengambil sikap

“Rasulullah tersenyum dan menyampaikan kepada sahabat bahwa 1 musibah tidak akan mampu mengalahkan 2 kebaikan” ujar ketua Heri Suprayitno.

Kedua, kata Heri, PKS sebagai partai kebaikan yang mengajak banyak orang untuk meneladani Rasulullah, sehingga Partai dan momen Maulid Nabi Muhammad SAW bagi sebagian masyarakat dianggap sebagai dua hal berbeda, namun jika dilihat dari perspektif yang berbeda maka relevansinya sangat dekat.

Untuk itu, lanjut Heri, dengan mengajak orang lain bergabung dengan PKS, berarti mereka sedang berusaha mengajak orang lain dalam kebaikan yang diteladani oleh Rasulullah SAW dan tujuan akhirnya adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan kehidupan yang baik.

Ketiga, ujar Heri, spirit persatuan umat, medki ditengah gelombang pertikaian antra cara peribadatan yang satu dengan yang lain, menurut Ketua DPD PKS Kota Jayapura, momen ini merupakan momen pemersatu umat untuk menjadikan Indonesia menjadi lebih baik khususnya di Kota Jayapura.

“Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, sekaligus meneladani Rasullah bukan untuk kepentingan pribadi,” jelasnya.

Poin terakhir ini, Heri mengingatkan bahwa ada dampak yang berkesinambungan ketika karakter Rasululah SAW dijadikan tauladan untuk kemaslahatan. Namun sebaliknya, jika dimaksudkan untuk kepentingan pribadi maka kemudharatan atau kerugian itu akan menimpa masyarakat banyak.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan penampilan salawatan dan hadrah oleh ibu-ibu simpatisan PKS area Jayapura Selatan dan tausiah yang disampaikan oleh KH. Muh Said, selaku pimpinan DDI Kota Jayapura. (bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *