Hosea Genongga: Anggaran Sektor Pertanian Harus Menjadi Perhatian

  • Whatsapp
Anggota Komisi II DPR Papua, Hosea Genongga memberikan bantuan bahan bangunan di Koya, Distrik Muaratami, Kota Jayapura, baru-baru ini.

JAYAPURA, Papuaterkini.com –  Anggota Komisi II DPR Papua, Hosea Genongga  meminta kepada Pemprov Papua untuk meningkatkan anggaran bagi pelaksanaan program – program pembangunan bidang ekonomi yang dikelola oleh OPD Teknis bidang Ekonomi sebagai salah satu upaya mendorong pertumbuhan ekonomi pada tahun anggaran 2021.

“Kita lagi membahas KUA – PPAS untuk APBD tahun 2021 khususnya OPD rumpun ekonomi, setelah kami bahas dari dinas ke dinas rumpun ekonomi ini, ternyata mereka mendapatkan alokasi dana selalu yang kecil-kecil. Untuk itu kami Komisi II minta kepada Pemprov Papua untuk meningkatkan alokasi anggaran bidang ekonomi, termasuk pertanian,” kata Hosea Genongga dalam kegiatan peningkatan peran dan fungsi pengawasan perdasi/perdasus di Koya, Distrik Muaratami, Kota Jayapura, baru-baru ini.

Hosea mengaku heran dengan alokasi anggaran yang diberikan untuk OPD rumpun ekonomi di Pemprov Papua yang kecil. Padahal, mereka bersentuhan langsung dengan ekonomi rakyat Papua.

“Kenapa rumpun ekonomi yang urus perut masyarakat Papua ini kok dikasih anggaran yang kecil-kecil? Kenapa tidak dikasih yang besar. Macam tidak ada niat baik dari pemerintah untuk bisa menaikan anggaran OPD rumpun ekonomi yang bersentuhan langsung dengan rakyat kecil,” tandasnya.

Apalagi, lanjut Hosea Genongga, ekonomi rakyat di Papua khususnya, saat ini tengah terpuruk akibat pandemic virus Corona atau Covid-19, sehingga banyak orang yang di PHK, kesulitan mencari pekerjaan, namun justru OPD yang mengurus ekonomi masyarakat tidak ada sama sekali dikasih dana atau anggaran yang layak.

Dalam kesempatan kegiatan peningkatan peran dan fungsi pengawasan perdasi/perdasus di Koya, Distrik Muaratami, Kota Jayapura ini, Hosea Genongga mengakui jika masyarakat mengaku kesulitan untuk permodalan untuk menambah atau mengembangkan usaha pertanian mereka.

“Ya, mereka mengaku kesulitan modal untuk mengembangkan usaha tani mereka,” katanya.

Padahal, imbuh Hosea Genongga, potensi dari hasil pertanian di wilayah Koya Distrik Muaratami ini sangat menjanjikan dan bisa menjadi pemasok kebutuhan pertanian sayur mayur ke Kota Jayapura, sehingga mestinya harus mendapatkan perhatian.

Dalam kesempatan ini, Hosea Genongga memberikan bantuan kepada masyarakat bahan bangunan berupa besi dan semen untuk pembangunan rumah warga. (bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *