Jabat Sekwan, Derek Wouw Siap Beri Pelayanan Maksimal Kepada Anggota DPRD Jayapura

  • Whatsapp
Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura, Derek Timotius Wouw. (Foto: Irfan)

SENTANI, Papuaterkini.com – Derek Timotius Wouw dilantik menjadi Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, MSi di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Selasa, 29 Juni 2021 lalu.

Sebelumnya, Derek Timotius Wouw adalah Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Jayapura.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Distrik Nimboran itu menggantikan Abdul Hamid Toffir yang selama ini menjabat Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura yang dipromosikan ke Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Jayapura.

Derek Timotius Wouw siap mengemban tugas barunya. Dirinya akan berupaya untuk mengoptimalkan sumberdaya di Sekretariat DPRD Kabupaten Jayapura guna memfasilitasi kinerja pimpinan dan anggota DPRD secara optimal.

“Walaupun secara resmi belum dilakukan serah terima jabatan untuk jabatan sekretaris dewan dari pejabat lama ke pejabat baru. Tetapi, kalau untuk tugas-tugas sebagai sekretaris dewan ini sudah harus kami lakukan. Jika tugas di Sekwan ini beda dengan OPD lain, karena sifatnya itu kita harus sesuaikan dengan kerja-kerja anggota yang ada,” katanya, Selasa, 6 Juli 2021.

Sebab, kata Derek, tugas sekretaris dewan itu adalah memberikan dukungan pelayanan terhadap tugas-tugas anggota dewan. Baik, secara administrasi maupun secara langsung harus memberikan dukungan terhadap kerja-kerjanya anggota dewan.

Namun demikian, lanjut Derek, pihaknya juga fokus pembenahan internal Sekretariat DPRD Kabupaten Jayapura akan dilakukan mengawali jabatan yang diembannya, merupakan bentuk strategi dan optimalisasi dalam menjalankan tugas.

“Selain pertanggung jawaban kepada Bupati melalui Sekda, Sekwan juga memiliki pertanggungjawaban pada pimpinan dewan. Ini perlu kerja maksimal sehingga yang saya lakukan adalah pembenahan secara internal dahulu,” jelasnya.

Derek akan melakukan penguatan internal, agar kekurangan sebelumnya bisa diperbaiki, sehingga ia sudah menyusun aturan ketika diberi tugas untuk menjadi sekretaris dewan.

“Ketika saya sudah disini, memang kemarin kami baru selesai rapat staf dan saya bilang jika pekerjaan kita di sini ada tiga hal yang harus menjadi perhatian kita bersama. Pertama, kita harus bisa memberikan pelayanan maksimal terhadap anggota dewan. Kedua, didalam pelayanan itu kita harus tetap berpegang pada regulasi atau kita tertibkan administrasi. Namun lebih dari itu, maka penguatan aparatur juga harus kita lakukan,” ujarnya.

Untuk memperbaiki sejumlah kekurangan, langkah awal dirinya akan lakukan pembenahan dari dalam dulu.

“Personil ASN-nya kita benahi dulu, aturan tugas kita fokuskan termasuk komunikasi kepada para anggota dewan. Dengan adanya aparatur yang baik, maka pekerjaan-pekerjaan kita di Setwan juga akan baik, sehingga pelayanan kita juga akan maksimal kepada anggota dewan,” paparnya.

Selaku pegawai, Derek siap ditempatkan dimanapun sesuai arahan pimpinan. Jabatan sekretaris dewan adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan.

“Ini adalah sebuah kepercayaan kepada saya, selaku pegawai secepatnya saya akan menyesuaikan dengan tugas-tugas yang baru,” tuturnya.

Selain itu, Derek mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantunya selama dua tahun terakhir ini di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Jayapura. (irf/bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *