Jansen Monim: Putus Mata Rantai Covid-19, Kuncinya Kesadaran Masyarakat

  • Whatsapp
Anggota Komisi IV DPR Papua, Jansen Monim, ST, MT foto bersama masyarakat usai memberikan bantuan, 24 Mei 2020.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Anggota Fraksi Golkar DPR Papua, Jansen Monim, ST, MT mengatakan bahwa kunci penyelesaian pandemi virus Corona atau Covid-19)ini ada di masyarakat terutama kesadaran masyarakat terhadap bahaya virus itu dan pencegahannya.

“Pemerintah hanya membuat pedoman, ketentuan, anjuran dan ini tidak akan ada hasilnya kalau masyarakat tidak patuh. Kalau masyarakatnya patuh pasti akan bagus. Papua adalah salah satu provinsi yang masyarakatnya patuh ,”  kata Jansen Monim ketika menyerahkan bantuan bama di Jayapura, 24 Mei 2020.

Selain itu, kata Jansen Monim  juga menyoroti peran serta tokoh masyarakat Papua dalam rangka memutus rantai penyebaran COVID-19. Menurutnya para tokoh masyarakat seperti tokoh agama, tokoh adat dan tokoh yang lain menjadi kunci keberhasilan dalam memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat, sehingga dapat menerapkan apa yang menjadi langkah upaya pencegahan penularan virus corona jenis baru itu.

“Pasti ini peran dari tokoh masyarakat, bukan hanya dari peran pemerintah. Tapi tokoh masyarakat memegang peran kunci. Karena saya paham betul masyarakat Papua itu masyarakat yang masih sangat patuh kepada tokoh-tokoh masyarakat,” ujarnya.

Karena itu, Jansen Monim menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para tokoh masyarakat yang ada di sana, karena apa yang telah dilakukan buktinya ya ini, kasus terkendali, penambahan kasus dapat dikatakan tidak ada.

 “Yang menjadi tantangan adalah bagaimana mempertahankannya. Karena pasti mobilitas orang itu tidak bisa di Papua saja. Suatu saat pasti datang juga saudara lain dari luar Papua,”  jelas anggota Komisi IV DPR Papua ini.

Jansen Monim berharap dengan adanya kunjungan kepada warga ini, dapat memberikan efek yang menenangkan bagi masyarakat, bahwa apa yg dialami ini, juga dialami oleh seluruh masyarakat di dunia.

“Untuk itu diperlukan sikap saling membantu dan mendukung antara pemerintah dan masyarakat agar Kita dapat menghadapi ini bersama-sama,” imbuhnya. (bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *