Ketua Umum Porlasi Buka Lomba Layar PON XX Papua di Pantai Hamadi

  • Whatsapp
Ketua Umum PB Porlasi Laksamana Muda TNI (Purn) Darwanto, SH, MAP didampingi Ketua Pengprov Porlasi se Indonesia membuka lomba layar di Pantai Hamadi, Minggu, 3 Oktober 2021.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Ketua Umum PB Porlasi, Laksamana Muda TNI (Purn) Darwanto, SH, MAP membuka lomba layar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Venue Layar, Pantai Hamadi, Kompleks TNI AL, Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Minggu, 3 Oktober 2021.

Pembukaan lomba layar itu, ditandai dengan pemukulan tifa oleh Ketua Umum PB Porlasi, Laksamana Muda TNI (Purn) Darwanto, SH, MAP didampingi Ketua Pengprov Porlasi Papua, Mulyani, SSos, MM dan ketua – ketua pengprov lainnya.

Dalam sambutannya, Darwanto mengatakan, PON XX Papua ini merupakan sejarah yang pertama kali dilaksanakan di Papua.

“Ini sejarah bagi masyarakat Papua dan sejarah bagi kita semua para atlet dari seluruh provinsi, karena kita pertama kali disini untuk melaksanakan PON XX,” kata Darwanto.

Darwanto mengaku bangga dengan Venue Layar di Pantai Hamadi ini yang cukup baik, bahkan lokasinya lebih baik dibandingkan dari Jakarta.

“Saya lihat ini sudah taraf internasional. Anginnya cukup baik, lokasinya cukup baik, Papua cukup indah. Oleh karena itu, dengan semangat olahraga, kita menyambut olahraga layar ini, terutama kita akan berlomba,” ujarnya.

PON ini, lanjut Darwanto, untuk menjalin silaturahmi dari seluruh provinsi di Indonesia, diantara para atlet, official, para ketua umum Pengprov dan semua yang menyaksikan.

“Kita bangga memiliki Papua. Papua sangat Indah, dulu saya membayangkan gersang. Begitu datang ke sini, ternyata dimana-mana hijau dan cuacanya sangat baik. Panasnya juga baik, tapi tidak pernah membuat gersang di tempat lain,” ujarnya.

Dalam melaksanakan kegiatan lomba layar,  Darwanto berharap kepada seluruh atlet untuk dapat melaksanakan dengan baik dan sportifitas, dengan gigih mempertahankan provinsi masing-masing menjadi kebanggaan jika membawa medali.

“Namun ingat, Papua sebagai tuan rumah, juga menginginkan hal yang sama. Oleh karena itu, bertandinglah secara sportif, karena olahraga layar adalah olahraga yang sportif,” ujarnya.

Darwanto berharap atlet layar harus terus berjuang dan berprestasi, apalagi atlet layar belum mampu menjadi juara dunia, seperti di Sea Games yang terakhir di Philipine, Indonesia baru meraih 1 perunggu, begitu juga di Asean Games, Indonesia sebagai tuan rumah justru kalah, termasuk dengan Negara tetangga kalah.

“Saya minta semua atlet layar dari seluruh provinsi agar mulai saat ini kita bangkit bagaimana olahraga layar bisa menjuarai dunia ke depan. Apalagi, menghadapi Asean Games agar semua atlet terus berlatih dan berlatih,” imbuhnya.

Dalam acara ini, dimeraihkan tarian – tarian adat oleh para muda – mudi dari Tanah Tabi, khususnya Sanggar Tari Yoga Waena dan Sanggar Tari Tanbaden Abepura.

Lomba perdana Layar PON XX Papua tahun 2021 itu, diikuti 14 atlet putra – putri untuk semua kelas dan 1 kelas terbuka internasional. (bat)

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *